Ssttt… Tiga Lurah asal Tangsel Diundang Kemendagri

Diterbitkan  Rabu, 28 / 11 / 2018 21:32 - Berita Ini Sudah :  2502 Dilihat

CIPUTAT-Tiga lurah asal Kota Tangerang Selatan mendapat undungan khusus dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Ketiganya untuk mengikuti rapat yang digelarnya hari ini. Kapasitas mereka rupanya mewakili 54 lurah asal Tangsel.

Dalam undangan rapat itu, mereka bakal mendengarkan arahan tentang bantuan dana kelurahan yang diperkirakan besarannya Rp 300 juta.

Dana itu diperuntukkan untuk 60 persen fisik, 40 persen pemberdayaan dan pengembangan sumber daya manusia. Adapun soal teknis uang akan disalurkan menunggu pengarahan. Bantuan itu disalurkan tahun 2019 mendatang.

Lurah Cirendeu Win Fadlianta, salah satu perwakilan lurah asal Tangsel, menyampaikan, pihaknya mengaku cukup bangga bisa diundang Kemendagri. Adanya dana kelurahan tersebut atas upaya Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany melalui usulan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) disampaikan langsung kepada Presiden Joko Widodo.

“Terima kasih kepada Ibu Walikota atas kepercayaanya mudah-mudahan saya dan teman-teman bisa menyampaikan aspirasi dengan Kementerian dalam Negeri bagian Direktorat Jenderal Bina Adminstrasi Kewilayahan,” ucapnya kemarin petang.

Pihaknya hadir dalam agenda rapat terkait bantuan pendanaan kelurahan bertempat di lantai 7 Gedung H Direktorat Jendaral Bina Administrasi Kewilayahan Medan Merdeka Utara Jakarta Pusat. Hadir perwakilan lurah seluruh Indonesia pada rapat itu.

“Ini satu penghargaan mempercayakan saya menjadi bagian dari utusan yang mana akan bersama dengan perwakilan lurah seluruh Indonesia,” tambah Win dengan semangat.

Tentu dengan adanya dana kelurahan memberikan dampak positif serta mempercepat proses pembangunan di wilayah Tangsel di mana pengembangan inftrastruktur sejak awal berdiri menjadi prioritas utama, selain kesehatan dan pendidikan.

“Tiga ratus juta juga untuk biaya perawatan jalan, penerangan jalan, pengembangan sumber daya manusia yang ada di lingkungan masyarakat. Jelas ini sangat membantu pengembangan pembangunan terlebih wilayah perkotaan persoalannya sangat kompleks sekali,” tambah Win.

Kabag Pemerintahan Kota Tangsel Widodo Hari Lusinto membenarkan jika baru rapat soal dana kelurahan. Terkait tenis, baik penyaluran dana, pertangung jawaban, menggunakan rekening semuanya masih butuh informasi secara jelas dari Kemendagri. “Baru mau rapat besok (hari ini). Soal teknisnya belum, nanti kalau sudah saya infokan,” jelas Widodo.

Hal ini juga dipertegas oleh Wakil Walikota Tangsel Benyamin Devnie, program bantuan  kelurahan alurnya masuk ke APBD Tangsel terlebih dahulu untuk kemudahan tentang pertangung jawaban penggunaan anggaran. Guna mempermudah penggunaan anggaran Pemkot Tangsel bakal membekali ilmu administrasi kepada para lurah.

“Nanti akan ada juklak dari Kementerian Dalam Negeri tentang penggunaan dana kelurahan. Kami juga akan memberikan pelatihan administrasi keuangan pada bulan Desember ini bagi lurah dan sekretaris,” Bang Ben menjelaskan.

Bahkan lajutnya, dari bantuan dana kelurahan memberikan sumbangsih yang signifikan dari berbagai aspek, baik dari sosial pembangunan, serta kesejahteraan masyarakatnya akan meningkat. Hal ini sejalan dengan adanya optimalisasi pembangunan melalui alokasi yang diberikan oleh Kemendagri.

“Dana tersebut akan memberikan dampak yang luas bagi masyarakat di kelurahan secara sosial dan eknomomi, “ imbuhnya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!