Penting! KPU Tambah Jumlah Anggota PPK

Diterbitkan  Kamis, 29 / 11 / 2018 22:43 - Berita Ini Sudah :  332 Dilihat

SERPONG- Jumlah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di setiap kecamatan yang awalnya hanya berjumlah 3 orang, kini menjadi 5 orang. Ada penambahan 2 anggota baru untuk PPK di seluruh Indonesia.

Penambahan tersebut, berdasarkan Surat Edaran dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Nomor 1373 Tahun 2018, yang menyatakan penambahan jumlah PPK dianggal hal yang penting.

Pentingnya menambah anggota PPK mengingat hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) bahwa jumlah PPK yang hanya tiga orang pada Pemilu 2019, yang diselenggaran serentak antar Pileg dengan Pilpres ini, dibutuhkan tambahan anggota PPK.

Berdasarkan edaran tersebut, akhirnya KPU Kota Tangsel pun segera melakuka rekrutmen, dan kini tahapan penyeleksiannya sudah masuk tahap tes wawancara kepada calon PPK tersebut, yang berjumlah 49 orang peserta.

Anggota KPU Kota Tangsel, Ade Wahyu Hidayat, mengatakan, bahwa rekrutment tersebut dilakukan semi terbuka. Pihaknya meminta rekomendasi dari lembaga pendidikan yang ada di Kota Tangsel.

“Jadi kami hanya meminta rekomendasi dari lembaga pendidikan yang ada di Kota Tangsel, untuk mencari tambahan anggota PPK ini, sesuai dengan edaran dari KPU RI. Dan kini sudah masuk tahapan tes wawancara,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, dalam penambahan PPK kali ini, hanya ada dua tes, yaitu tes adminsitrasi dan juga tes wawancara. “Jadi tidak ada tes tertulis, karena kebutuhannya yang urgent, dan juga mendesak,” ujarnya.

Lebih lanjtu dia mengatakan, kemarin, merupakan hari terakhir untuk tes wawanara. Sehingga selantunya akan masuk ke tahapan pleno, untuk menentukan 14 orang yang akan dipilih menjadi anggota PPK baru.

“Hari ini (kemarin, red) hari terakhir, setelah ini kita akan menggelar rapat pleno untuk menilai hasil tesnya. Dan menentukan siapa yang akan terpilih nanti,” ungkapnya.

Ketua KPU kota Tangsel, Bambang Dwitoro mengatakan, bahwa dalam proses seleksi tersebut, KPU Kota Tangsel akan sangat selektif pula dalam menentukan siapa yang akan menjadi anggota PPK baru.

Hal yang paling utama ialah mencari tahu pula rekam jejaknya, guna menghindari calon PPK yang berafiliasi terhadap partai politik atau Caleg.

“Semoga saja yang terpilih nanti memang yang terbaik, yang pasti kami sudah melewati tahapan seleksi yang sangat selektif. Agar nantinya mereka bisa menjalankan amanah ini sebaik mungkin,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!