Top! Organisasi Kepemudaan Ajak Anak-Anak Mengenal Lingkungan

Diterbitkan  Jumat, 30 / 11 / 2018 22:04 - Berita Ini Sudah :  349 Dilihat

PAMULANG-Organisasi Kepemudaan Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda (Ganespa) di Kota Tangsel, mengenalkan lingkungan kepada anak-anak, Jumat (30/11). Melalui pengenalan kepada anak-anak diharapkan nantinya mereka cinta dan menjaga kelestarian dari pencemaran lingkungan.

Ketua Ganespa Tangsel Dodi Harianto mengatakan, sangat penting mengenalkan kepada anak-anak tentang lingkungan agar saat besar dapat lebih mencintai. Dengan cinta, maka jangankan merusak dengan pencemaran limbah, buang sampah sembarangan pun mereka tidak mau.

“Pada hari Jumat 30 November 2018 Kelopmpok Bermain Avicenna Pamulang berkunjung ke sekretariat OKP GANESPA. Kunjungan dalam rangka memperkenalkan lingkungam sejak dini pada anak-anak Taman Kanak-Kanak,” tuturnya.

Dalam kunjungan itu, mereka ingin mengenali keberadaan Situ Tujuh Muara di Pamulang, melalui luasnya, kualitas air, kedalamanya, habitat yang ada di dalam air dan lain-lain. Para murid juga diberikan pengetahuan tentang kebermanfaatan Situ Tujuh Muara sebagai kawasan penampungan air saat hujan.

“Kegiatan yang dilakukan berupa pengenalan lingkungan Situ Tujuh Muara. Kami juga menceritakan kepada anak-anak tentang manfaat situ untuk mengatasi banjir ketika ada hujan lebat. Dengan adanya situ, air yang mengalir dari perumahan langsung ke situ sebagai tempat penampungan,” ujarnya.

Anak-anak semakin ceria ketika diajak untuk melepaskan bibit ikan serta penanaman pohon di bantaran Situ Tujuh Muara. Mereka seolah ingin mengetahui segala hal dan mau melakukan. Terlebih saat didekatkan dengan air, mereka banyak berteriak karena begitu senang.

“Kami juga melakukan pelepasan bibit ikan dan penanaman pohon. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 27 anak usia 3 sampai dengan 4 Tahun. Mereka terlihat sangat senang dan antusias mengikuti kegiatan ini,” tukasnya.

Pada kegiatan itu Ganespa menyiapkan satu unit perahu karet untuk mereka yang ingin mencoba bermain perahu di Situ Tujuh Muara.  Pihaknya pun membuka kepada anak-anak yang ingin mengenali lingkungan dapat berkunjung ke sekretaris Ganespa di Witana Harja Pamulang Barat samping Situ Tujuh Muara.

“Siapa saja boleh berkunjung yang ingin mengenali lingkungan Situ Tujuh Muara. Dengan pengenalan sejak kecil ke depan mereka akan peduli terhadap situ,” harap ai.

Perwakilan dari                 Kelompok Bermain Avicenna Pamulang, Disa Chairani menambahkan, tujuan kunjungan bagian dari pengenalan anak-anak kepada lingkungan. Ada banyak hal di dapat dari kegiatan ini baik berupa kegiatan langsung seperti luas kedalamannya sejarah Situ Tujuh Muara. (din)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!