BPS Dirikan Pelayanam Statistik Terpadu Corener

Diterbitkan  Rabu, 19 / 12 / 2018 22:36 - Berita Ini Sudah :  1322 Dilihat

PAMULANG-Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tangerang Selatan mendirikan Pelayanam Statistik Terpadu (PST) Corner di Perpustakaan  Universitas Pamulang, Rabu (19/12). Dengan fasililitas ini, ribuan data dari tahun ke tahun dapat diakses oleh mahasiswa.

Direktur Desiminasi Statistik BPS RI, Adhi Wiriana, menyampaikan pentingnya BPS bekerjasama dengan dunia kampus dikarenakan secara langsung mendekatkan diri kepada pengguna.  Berdasarkan kajian, rupanya pengguna data BPS yaitu para mahasiswa. Selanjutnya, kalangan pengusaha, peneliti dan pemerintah.

“Data ini digunakan oleh pemerintah dan swasta serta mahasiswa. Berdasarkan kajian kami, 54 persen digunakan oleh mahasiswa. Maka kami menyediakan langsung  kepada pemakai,” katanya seusai menggelar sosialisasi Pemanfaatan Hasil Pendataan Sensus Ekonomi 2016 di lokasi sama.

Data yang disajikan pada PST Corner meliputi banyak hal. Bahkan hampir semua komponen yang berkaitan dengan tatanan kehidupan baik sosial, ekonomi, budaya, keamanan, peluang bisnis, kemiskinan, pengangguran, politik, pendidikan, indeks manusia, dan lain sebagainya. Baik yang berjenis digital, buku maupun peta. Semua tersedia di Perpustakaan Umpan.

“Data-data meliputi pertumbuhan ekonomi, eskpor impor, data keseteraan sosial, tenaga kerja dan kemiskinan, data lingkungan, pelayanan sosial, indeks, ketahanan sosial dan masih banyak data-data yang dihimpun oleh BPS dari tahun ketahun tersedia di tempat ini,” ia menambahkan.

Sedangkan untuk mempermudah, penggunan data disajikan dalam banyak jenis, melalui internet atau bisa langsung datang ke perpustakaan. Kerjasama ini telah dilakukan sejak dua tahun gagasan ini bergulir di mana BPS akan menggandeng banyak universitas. Minimal di satu provinsi lima universitas.

“Banten baru dua Universitas  Tirtayasa dan Umpan. Target lima kampus di satu provinsi baik negeri dan swasta. Pemilihan Umpan, karena mahasiswa mencapai 84 ribu. Dari pada mereka datang ke BPS mending kami yang datang ke sini. Termasuk Tirtayasa yang sangat strategis,” ia merinci.

Kepala BPS Tangsel Achmad Widyanto menambahkan, dengan adanya PST Corner mendekatkan mahasiswa terhadap data. Mahasiswa bisa berselancar melalui internet untuk mencari data, misalnya tentang ekonomi, dan lain sebagainya tidak sulit lagi.

“Mendekatkan mahasiswa kepada data. Jumlahnya tidak terbatas Tangsel saja, tapi ada Banten sampai nasional. Dengan mudah  berselancar melalui internet mencari  data kemiskinan, ekonomi misalnya jika ada mahasiswa membuat skripsi. Ada juga layanan konsultasi untuk menanyakan survai atau sampel ketika terjun ke lapangan,” tambah ia.

Menurutnya, dari hasil kajian, mahasiswa lebih dominan. Sisanya peneliti dan kalangan pengusaha. Selain Unpam, targetnya UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Rektor Umpan, Prof Dayat Hidayat menyampaikan terima kasih atas berdirinya PST Corner dikarenakan memberikan banyak manfaat secara langsung bagi aktivitas sivitas akademika yang selalu berkutat pada data. Baik mahasiswanya, pada dosen sampai pada lembaga institusi Umpan itu sendiri.

“Umpan bersyukur Alhamdulillah atas kerjasama dengan BPS. Karena Umpan akan sangat banyak melibatkan kebutuhan data dari BPS baik untuk mahasiswa dosen dan  Umpan itu sendiri,” kata Dayat.

Disebutkan Dayat, sumber data yang sangat akurat dan dipercaya satu-satunya dari BPS. Sebab, tugas pokok dan fungsinya merilis data-data dalam tatanan kehidupan masyarakat. Data digunakan dalam berbagai hal, komponen kehidupan sampai bidang pembangunan.

“Umpan selalu mengacu pada data yang faktual dan data yang paling dipercaya dari BPS. Pengembangan Umpan, perencanaan Renstra semua dari data BPS. Pengembangan akademik dan pengembangan infrastruktur juga semua mengacu pada BPS,” imbuhnya.

Data yang jumlahnya ribuan itu dengan mudah diakses oleh mahasiswa. Hal ini selaras dengan konsep pembelajaran Unpam yang kini telah mencapai 40 persen menggunakan akses jaringan. Dengan demikian apabila mahasiswa membutuhkan data dapat langsung mengaksesnya di ruang kelas.

“Oleh karena itu, kehadiran BPS masuk ke rumah Umpan sangat membantu.  PST Corner sangat membantu bagi mahasiswa  yang langsung dapat mengakses di rumah kelas. Umpan kehidupannya selalu dengan data,” selorohnya. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!