Masjid Arrahmah Rempoa Baksos Donor Darah

Diterbitkan  Rabu, 19 / 12 / 2018 22:36 - Berita Ini Sudah :  1276 Dilihat

CIPUTAT TIMUR– Masjid  Arrahmah Rempoa menggelar bakti sosial donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Tangerang Selatan, belum lama ini. Kegiatan tersebut untuk membantu stok darah, sehingga dapat membantu warga yang membutuhkan darah.

Kegiatan itu mengusung tema “Aksi Nyata Peduli Sesama” digelar di Aula Masjid Arrahmah Jl.Pahlawan No. 19 Kelurahan Rempoa Kecamatan Ciputat Timur, Kota Tangsel yang dihadiri oleh banyak organisasi kemasyarakatan (Ormas). Mereka memberikan sumbangsih turut mendonorkan darahnya seperti Pemuda Pancasila, FBR, Laskar Merah Putih, The Jak Rempoa, OI Kembang Pete Rempoa yang berada di Kelurahan Rempoa.

Darah adalah sesuatu yang dapat dengan mudah didonasikan, karena tubuh akan terus mengisi ulang untuk menggantikan jumlah darah yang hilang. Rata-rata orang dewasa memiliki 5 liter darah yang terus berputar dalam tubuh.

Ketua Panitia, Dewi S Handayani mengungkapkan, bakti sosial donor darah tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan rutin pertiga bulan. Sebab pada umumnya, setiap sel darah akan dipecah untuk kemudian diganti dengan sel darah baru setiap 120 hari. Sebaliknya, darah hasil donor ini hanya bisa bertahan hingga 42 hari. Usia yang pendek ini berarti donor darah selalu dibutuhkan dan perlu didonasikan secara teratur.

“Kami sangat senang sekali atas respon masyarakat terhadap kegiatan ini. Peserta yang mendaftar sebanyak 150 orang. Namun tidak semua bisa mendonor karena ada syarat tertentu untuk bisa menjadi pendonor sehingga pengumpulan darah hanya berhasil mencapai 90 kantong darah,dan itu ternyata melampau target kami yang dari awal menargetkan 75 kantong darah,” ungkap wanita yang biasa disapa Dewi.

Sementara itu Nola Santri(23) salah satu peserta donor darah perwakilan Karang Taruna Kelurahan Rempoa, bercerita, sejak dari jauh hari telah mempersiapkan staminanya. Dirinya  mengaku senang ikut berpartisipasi kegiatan donor darah ini karena sebelumnya kerap kali ditolak PMI, sebab Hemoglobin (hb) darahnya rendah.

Ia berharap bakti sosial yang digelar tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, terutama sekali masyarakat yang membutuhkan darah. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!