Tangsel Gunakan Aplikasi Pemberian Vitamin A

Diterbitkan  Selasa, 22 / 01 / 2019 22:15 - Berita Ini Sudah :  380 Dilihat


SERPONG-Pemkot Tangsel terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya, terutama dalam peklayanan kesehatan. Karena kesehatan merupakan kebutuhan primier yang harus diberikan kepada masyarakat.
Dinas Kesehatan (Dinkeas) Kota Tangsel, memulai melakukan pembinaan terhadap para petugas gizi, terutama dalam hal pemberian vitamin kepada masyarakat.
Sebanyak 28 petugas kesehatan terdiri dari 29 petugas Gizi Puskesmas dan 29 petugas Promo Kesehatan (Proskes) di Tangsel, mendapatkan pembinaan tentang Aplikasi Penilaian Mandiri Kualitas Data Rutin (PMKDR) Kegiatan Pemberian Vitamin A. acara berlangsung di salah satu resto kawasan BSD, Serpong.
Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Tangsel, Iin Sofiawati menyampaikan ini merupakan program dari Kementrian Kesehatan yang pertama diaplikasikan di Kota Tangsel. Tujuanya dalam rangka peningkatan kinerja pembuatan laporan pemberian vitamin A.
“Untuk di Provinsi Banten, baru Tangsel yang menggunakan aplikasi ini. Aplikasi ini bagus dan memudahkan dalam pemantauan pemberian vitamin A, apakah sesuai dan tepat sasaran. Terlebih, dalam pemberian vitamin A suka ada kesenjangan antara yang dilaporkan Puskesmas dan Pusyandu ke Dinas Kesehatan,” bebernya.
Maka itu, pihaknya mengundang narasumber dari Kemenkes untuk memberikan pemaparan terkait aplikasi yang akan digunakan oleh para petugas kesehatan yang telah hadir dalam pembinaan tersebut.
Lebih lanjut Iin mengatakan, tujuan digunakannya aplikasi PMKDR adalah untuk menilai akurasi dan validitas pencatatan dan pelaporan tentang pemberian vitamin A.
Selain itu menilai kulitas managemen pemanfaatan data untuk vitamin A, evaluasi rutin di setiap Puskesmas agar laporan dan pencatatan lebih akurat, dan lebih tepat lagi penggunaannya.
“Untuk pemberian vitamin A, seharusnya dilakukan bersama-sama di Posyandu usai ditimbang. Namun tidak menutup kemungkinan bagi kami untuk mendatangi anak dan memberikan vitamin A di rumah,” ungkapnya.
Diketahui, sasaran vitamin A berwarna biru adalah anak dengan rentang usia 6 sampai 11 bulan. Sedangkan vitamin A berwarna merah untuk anak berusia 12 sampai 60 bulan dengan pemberian serempak di seluruh Indonesia di bulan Agustus dan Februari atau 6 bulan sekali. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!