DPAD Buat Program Field Trip


Hidupkan Perpustakaan Dengan Kreativitas

Diterbitkan  Rabu, 23 / 01 / 2019 22:03 - Berita Ini Sudah :  4934 Dilihat

PAMULANG-Untuk meningkatkan minat baca, Dinas Perpustakaan Arsip Daerah (DPAD) kota Tangsel menciptakan berbagai macam kreativitas dan inovasi demi menarik siswa sekolah untuk lebih mengenal perpustakan dan berkunjung ke perpustakaan.
Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan Deasy Fadila Kencana menjelaskan salah satu hal yang dilakukan oleh DPAD adalah membuka field trip dari sekolah yang berada di Kota Tangsel. Untuk tahun ini, kunjungan dimulai dari Sekolah Dasar Az-Zahra.
Bukan cuma membaca buku, field trip ini memberikan beragam fasilitas untuk lebih mengenalkan perpustakaan terhadap siswa. misalnya, permainan mengandung literasi, melatih kreativitas anak melalui karya seni sampai dengan dorprize yang diharapkan bisa memotivasi anak untuk mau bersaing dengan sportif.
Deasy menambahkan jika perpustakaan daerah selalu terbuka untuk menerima kedatangan siswa yang mau mengenal lebih dalam mengenai perkembangan literasi di Kota Tangsel. ”sekolah manapun, yang ingin berkunjung ke perpustakaan akan kami terima. Apalagi jika tujuannya adalah dapat bekerjasama dalam kegiatan-kegiatan literasi,” kata Deasy.
Sementara kunjungan siswa tersebut dilakukan oleh delapan komite siswa dan 25 pelajar. Dengan harapan jumlah pelajar dalam tiap kunjungannya akan terus bertambah. Dan sekolah bisa lebih rutin mengadakan fieldtrip ke perpustakaan.
”karena kunjungan itu bukan cuma melatih anak untuk lebih sering membaca buku. Melainkan untuk memberitahukan bahwa di Kota Tangsel ada fasilitas perpustakaan daerah,” kata Deasy.
Sementara salah satu komite sekolah Etty Kadriwaty menjelaskan dalam kunjungan ini, pelajar dilatih untuk mengenal apa saja fasilitas yang dibeirkan oleh perpusda selain meminjam dan membaca buku. Selain itu juga, dalam kunjungan tersebut, pelajar juga dikenalkan salah satu fasilitas terbaru DPAD.
”Ada ITangsel, atau perpustakaan digital Tangsel. Dan itu memberikan kami kemudahan untuk mengakses buku apapun secara online. Dan tentu saja kami berharap agar siswa bisa lebih sering membaca apalagi setelah diberikan akses kemudahan seperti ini,” singkatnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!