100 Wanita Dapat Bekal Ilmu Kecantikan

Diterbitkan  Kamis, 31 / 01 / 2019 21:34 - Berita Ini Sudah :  290 Dilihat

SERPONG UTARA– Asia Pulp and Paper (APP) melalui PT Indah Kiat Pulp and Paper (IKPP) Tbk Tangerang bekerjasama dengan Sari Ayu Martha Tilaar memberikan pelatihan terhadap seratus ibu-ibu dalam rias kecantikan. Mereka berasal dari Kelurahan Pakulonan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan.

Head of Suistability PT IKPP Kholisul Fatikhin menuturkan, kegiatan ini secara serentak dilaksanakan di lima kota yakni Tangerang, Serang, Jambi, Karawang, dan Mojokerto serta pada Malam dalam waktu jam yang sama. Pelatihan tersebut digelar setelah ada penandatanganan kerjasama pada 25 September 2018 di New York antara APP dengan Martha Tilaar Group saat KTT UN Global.

“Perjanjian sudah ditandantangani di New York sampai 30 Desember 2020 mendatang dalam bentuk pemberdayaan wanita. Di hari sama dan jam sama kita melakukan kelas yang sama. Mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat dalam rangka meningkatkan ibu-ibu dalam masyarakat melalui pelatihan beauty class untuk mendalami sebagai perias,” katanya, Kamis (31/1), saat Kick Off “Pemberdayaan Perempuan Dalam Pelestarian Lingkungan dan Kesejahteraan Keluarga”.

Diungkapnya, peserta bukan hanya dilatih cara merias. Namun bagaimana perserta dibekali ilmu tentang tanaman obat-obatan dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah mereka, sehingga selain memperoleh keterampilan langsung mereka juga memperoleh ilmu dalam menanam tanaman obat-obatan.

“Pelatihan ini akan dilakukan hal-hal lain, terkait dengan pemberdayaan masyarakat, misalnya budidaya tanaman yang terkait dengan obat dan kosmetik. Bagaimana bisa membudidayakan obat kosmetik di sekitar tempat tinggal,” tambahnya.

Semua itu, lanjut Kholisul Fatikhin, atas jasa pendiri Sinar Mas Eka Tjipta Widjaja yang begitu peduli terhadap masyarakat. Sosok yang sangat ulet, berawal dari penjual kerupuk hingga berhasil mengembangkan berbagai bisnis seperti kertas, minyak goreng, telekomunikasi dan berbagai perusahaan lain.

“Pesan yang selalu disampaikan oleh Beliau (Eka Tjipta Widjaya) tentang kebahagiaan, karena berbuat kepada masyarakat adalah kepuasan tiada tandingnya,” tuturnya.

Dengan memiliki keterampilan merias, ibu-ibu dapat mengembangkan ilmunya itu untuk menambah perekonomian keluarga. Pemberdayaan bagi para ibu-ibu telah dilakukan sebelumnya dengan memberikan ilmu bagaimana cara membuat bunga kertas. Dari hasil pelatihan itu ada beberapa yang menekuni dan berhasil untuk dijual.

“Tahun 2019 ini pemberdayaan masyarakat ditingkatkan, sasarannya kalangan ibu-ibu, karena mereka lebih semangat,” tambah alumnus UGM ini.

Beauty Konsultan Sari Ayu, Gita Angraini menyampaikan, visi Martha Tilaar mempercantik seluruh wanita Indonesia. Kunci kecantikan sejatinya berawal dari percaya diri. Jika sudah percaya diri, pasti wanita akan cantik. Selain cantik parasnya wanita dianjurkan untuk cantik dengan kecerdasan dan multi talenta.

“Wanita memiliki dua tangan. Dari segi bahasa lebih luas lebih dari dua tangan. Karena wanita bukan satu pekerjaan. Seorang wanita harus multi talenta menggarap semua pekerjaan di rumah,” katanya.

Menurutnya, untuk bisa merias pengatin satu orang membutuhkan 40 menit. Sedangkan untuk rias-rias kecantikan di salon tidak butuh waktu lama. Para peserta selama pelatihan dipinjamkan property. Peserta juga akan diberikan pelatihan beberapa kali nantinya supaya mereka benar-benar mendalami teknik dasar bagaimana cara merias kecantikan.

“Dunia bisnis kencantikan memang tidak pernah ada matinya, jadi ini peluang besar. Ibu-ibu jika sudah punya dasar bisa dikembangkan nanti bisa dapat uang,” pesannya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!