21 Usulan Perbaikan Jalan Lingkungan

Diterbitkan  Jumat, 01 / 02 / 2019 22:19 - Berita Ini Sudah :  267 Dilihat

PAMULANG- Usulan perbaikan jalan lingkungan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang, mencapai sebanyak 21 titik. Jumlah tersebut tersebar di 25 RW se-kelurahan Pamulang Barat. 

Dijelaskan oleh Lurah Pamulang Barat, Supriyadi usai mengelar Musrenbang, Jumat (1/2), ada 21 titik usulan yang menjadi dominasi. Usulan itu, untuk perbaikan jalan-jalan lingkungan yang jika dijumlah dengan panjang kilometer pasti cukup panjang sekali lantaran masuk di seluruh RW.

“Jadi jumlah usulan perbaikan jalan lingkungan itu sudah dirapatkan melalui pra Musrenbang di tingkat RW. Ini dilakukan supaya memang ada kesinambungan antara satu RW dengan RW yang lain. Jangan sampai di RW yang satu mengusulkan perbaikan jalan, sementara RW yang lain mengusulkan drainase,” tutur mantan Kasi Kesos Kecamatan Pamulang ini.

Lurah yang gemar mengajak warganya bersedekah ini menyebutkan, dari 25 RW terbagi menjadi enam titik. Tujuannya agar lebih mudah dalam pengusulan infrastruktur sesuai dengan kedekatan titik wilayah masing-masing RW atau berdasarkan jalur yang saling menyambung antar RW terdekat.

“Maka dari itu kami mengelompokan, misalnya untuk titik pertama mencakup RW satu, dua, tiga dan sembilan belas. Adapun untuk titik kedua meliputi RW empat, dua puluh dua dan tiga belas serta sembilan. Titik RW tiga meliputi lima, enam, dua puluh empat dan enam belas. Untuk titik empat wilayah Reni Jaya mencakup dua puluh, dua puluh satu, tujuh belas dan delapan belas,” jelas Supriyadi sembari menyeruput kopi pahit di kantornya.

Secara garis besar, ungkap Supriyadi, wilayahnya dilintasi tiga kelompok jalan. Pertama, jalan nasional. Kedua, jalan provinsi. Ketiga, jalan kota/jalan lingkungan. Namun khusus wilayah Kelurahan Pamulang Barat terlintasi jalan provinsi dan jalan kota atau jalan lingkungan. Sedangkan pemeliharaan atau perawatan serta perbaikan  infrastruktur menjadi tangung jawab masing-masing otoritas.

“Jalan milik Provinsi dilintasi Jalan Siliwangi, serta Jalan Padjajaran yang berbatasan dengan Jalan Otista, Kecamatan Ciputat.Termasuk Jalan Setia Budi hingga perbatasan Pamulang Timur, Kecamatan Pamulang,” imbuh Supriyadi yang saat ditemui mengenakan peci hitam berseragam celana hitam baju putih.

Saat berlangsung Musrenbang, peserta yang hadir terdiri dari RT/RW dan tokoh masyarakat. Hadir Camat Pamulang, Deden Juardi yang mengenakan baju koko putih dan celana hitam dihiasi dengan selempang sarung dan berpeci hitam. Hadir juga, Ketua DPRD Tangsel, Much Ramlie.

Much Ramlie, akrab disapa Lurah Abie lantaran merupakan mantan Lurah Pamulang Timur, mengungkapkan, usulan yang diajukan warga diharapkan dapat terealisasi secara keseluruhan. Meski memang akan ada tahapan mulai prioritas satu, kedua dan ketiga, nantinya pada saat di tingkat kecamatan dapat berlanjut hingga tingkat kota. “Usulan sebagian besar masih didominasi dengan fisik infrastruktur,” pesan penyuka makan sate kembing ini. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!