Perpustakaan SD Harus Nyaman Bagi Pembaca

Diterbitkan  Minggu, 03 / 02 / 2019 20:33 - Berita Ini Sudah :  1519 Dilihat

SETU-Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangsel menggelar Pembinaan Perpustakaan kepada Sekolah Dasar (SD) di wilayah Setu, Tangsel. Proram ini dilakukan agar perpustakaan memberikan kesan nyaman bagi pembaca.
Kepala Bidang Perpustakaan DPAD Tangsel, Hayati Nur mengenakan setelah kerujung hitam celana hitam menegaskan bahwa pembinaan perpustakaan sifatnya wajib, karena memang harus memberikan kesan menyenangkan, asyik, nyaman dan bersih serta tertata rapih. Kegiatan ini bukan hanya di Kecamatan Setu tapi dilakukan di seluruh SD se Tangsel.
“Tujuan pembinaan ini digelar agar perpustakaan di sekolah dapat tertata rapih, nyaman dan bersih, pastinya dapat berfungsi sebagaimana mestinya,” tutu Hayati Nur wanita berparas cantik itu.
Hal-hal yang menjadi perhatian dalam pembinaan perpustakaan di antaranya bagaimana penataan buku. Perlu adanya pengelompokan atau klasifikasi minimal per subjek, baik subjek judul, atau pengarang paling tidak subjek tentang ilmu seperti sastra, bahasa atau komputer. Pesan lain agar siswa siswi selalu menyempatkan membaca buku setiap hari.
“Kita berharap perpustakaan sekolah dapat menarik minat baca siswa dan guru. Kami menyampaikan juga agar dibiasakan setiap hari sebelum pembelajaran dimulai dilakukan membaca selama 15 menit,” harapnya sambil tersenyum manis.
Meskipun tidak ada aturan wajib bagi siswa untuk ke perpustakaan, namun DPAD Tangsel menyampaikan dalam pembinaan, agar siswa dapat berkunjung ke perpustakaan. Misalnya ada pembelajaran Bahasa Indonesia, guru bisa mengumpulkan siswa di perpustakaan sekolah.
“Mereka bisa belajar juga di perpustakaan, yang pasti perpustakaan harus nyaman terlebih dahulu. Kalau tidak nyaman dan tidak berfungsi, bagaimana siswa mau ke perpustakaan. Tapi jika perpustakaan sudah nyaman, pastinya dapat menarik perhatian siswa, akhirnya siswa dapat berkunjung ke perpustakaan,” bebernya. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!