Supriyadi Berbagi Pengalaman Usulan Pembangunan

Diterbitkan  Minggu, 03 / 02 / 2019 20:32 - Berita Ini Sudah :  573 Dilihat

PAMULANG-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) adalah langkah untuk mengusulkan berbagai kegiatan. Setidaknya ada tiga tahapan, dalam usulan pembangunan agar semua usulan dapat diakomodir.
Lurah Pamulang Barat, Pamulang Supriyadi berbagai pengalaman kepada para lurah baru, tentang usulan pembangunan supaya memang dapat diserap dan terrealisasi. Hal ini penting supaya jangan ada kesan masyarakat mengajukan usulan tapi tidak diakomodir sementara pemerintah memberikan keleluasaan.
“Alhamdulillah pembangunan di akhir tahun 2018 lalu saya sampaikan dalam laporan mencapai 120 persen. Karena semua pembanguan semua dapat dilaksanakan dan tuntas semua,” kata Supriyadi penuh yakin saat ditemui di kantornya Jumat (2/1).
Karena keberahsilanya itulah dirinya diminta untuk berbagai ilmu kepada para lurah-lurah yang baru. hal ini sangat penting supaya mereka dalam menjalankan tugas tidak kesulitan dan lengkah-langkah yang diambil tepat. Usulan masyarakat dapat dimasukan dalam Musrenbang hingga terrealisasi.
“Sempat diminta untuk berbagi kepada para lurah baru. Tentu saya berikan pengalaman saya kepada mereka seiring dengan hadirnya program Musrenbang tingkat kelurahan ini. di samping memang peran lurah harus aktif jangan pasif,” imbuh sosok lurah humoris ini.
Tiga langkah untuk mengakomodir usulan masyarakat, pertama melalui Musrenbang. Di dalam musrenbang, ada tiga kriteria, F1, F2 dan F3. Disesuaikan dengan prioritas kebutuhan jika memang mendesak maka menjadi F1 dan seterusnya. Di tahun berikutnya yang F2 bergeser menjadi F1 dan yang F3 bergeser menjadi F2.
“Bisa juga melalui aspirasi reses dewan, pada saat ada kegiatan dewan turun ke lingkungan masyarakat. Usulan-usulan dapat diajukan melalui hal itu,” tambah lurah yang mendapatkan penghargaan Man of The Year 2018 dari warganya.
Atau bisa melalui forum OPD masing-masing dinas terkait yang menangani. Usulan dapat langsung disalurkan kepada mereka. Hal-hal seperti ini perlu dipahami sehingga tidak ada kata kendala. Dirinya pun meminta kepada masyarakat Pamulang Barat agar mengikuti perkembangan teknologi yang ada.
“Saya sering berpesan kepada masyarakat agar mengikuti semua aplikasi baik untuk pelaporan jalan seperti Simanja, pelaporan PJU dan lain-lain. karena memang dengan melaporkan melalui aplikasi yang ada penangananya cukup cepat. Semua aplikasi untuk mempermudah masyarakat,” Supriyadi mengingatkan kembali.
Hal ini juga disampaikan oleh Anggota DPRD Iwan Rahayu menyampaikan kepada masyarakat, apabila usulan melalui Musrenbang tidak terakomodir dapat menempuh usulan melalui reses anggota dewan. Dan jalur itu memang diberikan hak bagi masyarakat melalui daerah pemilihan. “Itu sah, diperbolehkan bagi masyarakat jika mengakukan usulan melalui reses dewan,” tutur anggota dewan yang tinggal di Kelurahan Pamulang Timur, Tangsel.
Politisi yang mengidolakan Soekarno ini, menambahkan jika hanya mengandalkan melalui usulan Musrenbang kelurahan yang dananya terbatas di bawi seluruh RW pasti tidak akan cukup. Maka dari itu, menempuh melalui reses adalah solusi lain. (din).

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!