Porsi Usulan Pemberdayaan Masyarakat 15 Persen

Diterbitkan  Selasa, 05 / 02 / 2019 22:16 - Berita Ini Sudah :  647 Dilihat

 

CIPUTAT TIMUR-Pembangunan di masyarakat tidak hanya terpaku pada fisik semata. Ini yang kemudian adanya kebijakan dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Usulan pemberdayaan masyarakat diberikan porsi 15 persen.

Lurah Cempaka Putih, Kecamatan Ciputat Timur, Tarmizi menyampaikan kepada masyarakat yang hadir di Aula Kelurahan Cempaka Putih, Senin (4/1) agar tidak selalu menekankan fisik saja. Namun aspek lain, utamanya pengembangan masyarakat yang menyangkut keterampilan, kreativitas, inovasi dan lain sebagainya. Semua itu, bermuara pada kesejahteraan ekonomi bagi masyarakat sendiri.

“Usahakan agar pengajuan tidak pokus pada fisik saja. Sudah saatnya dalam pengajuan Musrenbang untuk tahun 2020 agar diajukan di bidang pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi kemaayarakatan,” kata alumnus IAIN yang sekarang UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Demikian tersebut dikhususkan bagi lembaga-lembaga berkedudukan di tingkat kelurahan baik organisasi kepemudaan (OKP), para ibu-ibu, dan lain-lain. Lembaga yang dibentuk di tingkat kelurahan tentu cukup banyak, tetapi faktanya belum maksimal dalam pemberdayaan. Oleh sebab itu, dengan adanya kebijakan usulan pemberdayaan masyarakat masing-masing mengajukan berbagai program yang dapat dilaksanakan pada tahun mendatang.

“Agar lembaga-lembaga yang ada di kelurahan dapat ikut berperan aktif seperti Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM). Karang Taruna,  Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM). PKK dan lembaga-lembaga yang lainnya selama ini masih kurang diberdayakan cuma baru sebatas dibentuk saja,”ujar putra Cempaka Putih ini.

Turut hadir, Sekretaris Kecamatan Ciputat Timur, Mukroni, dan anggota DPRD Muhamad Azis. Mukroni menyampaikan partisipasi masyarakat dalam membangun wilayahnya sendiri sangat dibutuhkan melalui usulan dalam Musrenbang. Usalannya ada infrastrukutr, kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!