Airin Pertimbangkan Ganti Mobil Damkar Terbalik

Diterbitkan  Rabu, 06 / 02 / 2019 23:09 - Berita Ini Sudah :  777 Dilihat

TERBALIK. Satu unit mobil damkar terbalik ketika ingin memadamkan api di perumahan puspiptek, akibat kecelakaan 1 orang dirawat, 3 dinyatakan pulang dari rumah sakit. (dok damkar)

DESERPONG- Salah satu mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Tangerang Selatan terbalik. Peristiwa naas itu terjadi saat berupaya akan memadamkan kebakaran di kawasan Puspiptek, Setu, dua hari lalu. Pihak Pemkot kini tengah memikirkan pengganti dari mobil Damkar yang ringsek tersebut.

“Saya sudah tanya dengan Pak Uci (Kepala Damkar Tangsel), saya cek dulu sudah tercover asuransi atau tidak. Karena, pengalaman sebelumnya asuransi yang dilakukan Total Lost Only (TLO) kan enggak mungkin diganti ulang, nah itu harus diperbaiki,” tutur Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat membesuk petugas Damkar di RS OMNI Alam Sutera, Rabu (6/2/2019).

“Kalau memang rusak dan lainnya akan dilakukan pengadaan unit baru,” imbuh magister hukum Universitas Padjajaran ini.

Airin menyebutkan akan dihitung perbandingan biaya melakukan perbaikan armada Damkar dengan pembelian. Jika memang harga beli baru jauh lebih murah dibandingkan dengan harga perbaikan, maka menurut wanita kelahiran Banjar ini, pengadaan unit akan segera dianggarkan di APBD perubahan.

“Intinya kita cek dahulu apakah sudah terasuransikan, baru akan dicek perbaikannya apakah jauh lebih mahal dibandingkan beli balu. Kalau misalnya beli baru jauh lebih murah maka segera anggarkan di APBD perubahan. Saya pahami betul mereka bekerja tergesa-gesa dan ini adalah musibah. Kita boleh menolong orang, tetapi keamanan diri kita sendiri perlu diperhatikan,” jelas mantan Putri Pariwisata Indonesia dan Putri Indonesia Pavorit ini.

Kepala Damkar dan Penyelamatan Tangsel, Uci Sanusi mengungkapkan, akan melihat kerusakakannya seperti apa. Dirinya juga belum bisa memprediksikan total biaya kerusakan.

“Kita akan lihat kerusakannya seperti apa. Kalau memang tercover sekarang, ya sekarang. Saya belum bisa taksir nilai kerusakannya berapa. Satu mobil sendiri nilainya sekitar Rp 1 Miliar,” jelas mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Tangsel ini.

Kini, mobil yang ringsek akibat kecelakaan tunggal berada di Pos Damkar Melati Mas. Sementara satu dari empat anggota Damkar Tangsel harus menjalani operasi di RS OMNI Alam Sutera, akibat benturan dan luka di kepalanya. (irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!