DPRD Inisiasi Perda CSR

Diterbitkan  Rabu, 06 / 02 / 2019 20:37 - Berita Ini Sudah :  220 Dilihat


SETU-Tumbuhnya perusahaan di Kota Tangsel membuat DPRD Kota Tangsel harus menginisiasi Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Corprorate Soscial Responsibility (CSR). Hal ini untuk mensiasati dana CSR perusahaan tepat sasaran.
Wacana menginisiasi Perda CSR ini memang sudah sejak lama, namu baru kali ini terealisasi dan masuk dalam Program Legsilasi Daerah (Prolegda) DPRD Kota Tangsel, untuk masa sidang 2019 ini.
Saprudin, salah satu yang menginisiasi Raperda tersebut menyebutkan, bahwa selama ini masih ada beberapa perusahaan besar di Kota Tangsel, yang justru melakukan kegiatan CSR-nya di luar Kota Tangsel.
“Masih ada perusahaan besar di Kota Tangsel ini yang mengeluarkan dana CSR bukan untuk di lingkungan sekitarnya. Tetapi justru program CSR perusahaan itu dijalankan di daerah lain di luar Kota Tangsel. Jadi kami tidak ingin anggaran CSR ini bocor ke luar,” ujar pria berkacamata ini.
Bahkan untuk program CSR di beberapa perusahaan lainnya pun menurut Saprudin masih ada yang belum ideal. Artinya dana yang dikeluarakn belum sesuai dengan aturan yang ada.
Sehingga dengan belum adanya regulasi yang tegas terkait CSR, perusahaan itu bisa bebas mengeluarkan anggaran untuk CSR seadanya saja, demi menggugurkan kewajibannya untuk menjalankan program CSR.
“Saat ini masih sedikit perusahaan yang pelaksanaan program CSRnya itu bagus. Sisanya hanya sekedar menggugurkan kewajiban saja. Karena kita tidak memiliki aturan khusus terkait CSR, maka kita dorong terus Raperda ini bisa menjadi Perda. Agar seluruh perusahaan wajib menjalankan CSR nya, dan mengeluarkan anggaran CSR sesuai dengan ketentuan yang ada nantinya,” ungkapnya.
Saprudin juga mengatakan, program CSR tersebut nantinya mampu berkolaborasi dengan Pemkot Tangsel dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tangsel.
Sedangkan untuk progres Raperda tersebut Saprudin mengatakan bahwa untuk Naskah Akadmik (NA) raperda itu sudah rampung dibuat, tinggal menunggu singkronisasi dengan seluruh pimpinan DPRD untuk segera dimulai paripurnanya.
“Doakan saja masa sidang ke dua nanti sudah mulai masuk dalam pembahasan, sekarang ini tinggal menunggu waktu untuk singkronisasi saja. Dan persiapan lainnya seperti NA sudah siap seluruhnya,” pungkas Ketua Fraksi Hanura ini. (dra).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!