Kadis dan Camat Sebar Bibit Ikan di Situ Tujuh Muara

Diterbitkan  Jumat, 08 / 02 / 2019 22:46 - Berita Ini Sudah :  723 Dilihat

PAMULANG- Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto dan Camat Pamulang Deden Juardi, Jumat (8/2) pagi, kompak menyebar bibit ikan di Situ Tujuh Muara. Jumlahnya, ribuan bibit ikan.

Kegiatan yang diikuti ratusan siswa dari berbagai wilayah Pamulang tersebut dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-15 Organisasi Kepemudaan Gugusan Alam Nalar Ekosistem Pemuda (Ganespa).

Kepala DLH Kota Tangsel, Toto Sudarto menyampaikan selamat atas hari jadi yang ke 15. Ia meminta agar semakin dewasa dan bisa bermanfaat untuk masyarakat. Selalu setia merawat Situ Tujuh Muara sebagai sumber resapan dan ekosistem yang ada.

“Selamat Ulang tahun yang ke lima belas. Mudah-mudahan Ganespa lebih dewasa dan lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat,” ujar Toto yang juga berkesempatan secara simbolis menanam pohon di lokasi acara.

Camat Pamulang Deden Juardi tak ketinggalan mengucapakan sama. Selamat atas hari jadinya. Ia pun berpesan agar seluruh komponen baik Ganespa dan masyarakat luas tetap menjaga keberadaan Situ Tujuh Muara. Situ adalah sumber kehidupan masyarakat melalui sumber air.

“Jaga situ sebagai sumber air kita. Mari kita jaga bersama-sama agar selalu lestari sehingga indah,” pesan Alumnus SMAN 1 Ciputat ini.

Deden melanjutkan, momen ini bersamaan dengan HUT ke-27 Kecamatan Pamulang melakukan kerjabakti dan Jumat bersih. Setiap tahun saat memperingati ulang tahun melakukan Ngaprak Kampung ke Situ Tujuh Muara untuk membersihkan bantaran situ.

“Kami mengajak seluruh jajaran untuk bersama-sama ke sini sekaligus memeperingati Hari Jadi Kecamatan Pamulang selain memang Ganespa pun mengadakan milad yang ke lima belas,” tutur birokrat yang pernah belajar di SDN 1 Ciputat ini.

Sementara itu Ketua Ganespa Kota Tangsel Ketua Ganespa Kota Tangsel, Dodi Heryanto, menyampaikan rangkaian kegaitan ini penanaman pohon dan penyebaran bibit ikan. Ini bagian dari rangkain HUT yang ke-15. Pihaknya pun mengajak kepada masyarakat agar tetap menjaga keberadaan situ. Jangan dirusak.

“Komitmen kami tetap menjaga situ agar tetap berfungsi sebagai sumber resapan. Maka dari itu kami mengajak kepada masyarakat untuk terlibat dalam memelihara situ,” tuturnya.

Peringatan sekala besar ini diagendakan akan setiap tahun bertujuan untuk mengajak masyarakat supaya lebih mengenal keberadaan situ di lingkungan sendiri. Rangkaian lain, membuka lomba dayung yang diikuti dari berbagai wilayah Jabodetabek.

Siswa yang hadir di antaranya Mater Dei, Avicenna dan Ora et Labora. Keceriaan tampak terlihat dari raut wajah mereka. Terlebih saat menanam pohon, mereka begitu antusias. Termasuk, saat ikut menyebarkan bibit ikan, teriakan bentuk kesenangan sangat mengagumkan.

Dalam kegaitan itu turut hadir Lurah Pamulang Barat Supriyadi, para kasi di jajaran Kecamatan Pamulang, tokoh masyarakat, Trantib Kecamatan Pamulang, perwakilan dari dinas terkait seperti Kabid SDA Dinas Pekerjaan Umum, Aji Awan, dan perwakilan dari Dinas Pariwisata dan dinas-dinas lain. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!