Bersiap Ikuti Lomba Nasional Maret Mendatang


Regu Damkar Tekun Berlatih

Diterbitkan  Senin, 11 / 02 / 2019 21:10 - Berita Ini Sudah :  79 Dilihat


SERPONG UTARA-Tiga regu dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel terus berlatih secara rutin. Mereka melakukan latihan mempersiapkan lomba dalam tingkat nasional.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi menjelaskan jika saat ini ada tiga regu yang tengah rutin melakukan latihan setiap piket. Mereka adalah regu Alfa, Bravo, dan Carli dengan jumlah masing-masing regu empat sampai lima anggota.
“Setiap mereka piket selalu berlatih skill competition untuk mempersiapkan lomba HUT Damkar yang ke-100 di Pekanbaru Riau. Keberangkatan tim pada Minggu 3 Maret, dan esok harinya Senin, 4 Maret lomba dimulai,” kata pejabat yang selalu murah senyum ini.
Dalam skill competition ada tiga kategori yang akan dilombakan secara nasional yaitu Survival, Ladder Pitching, dan Hose Laying. Dikabarkan akan dikuti sebanyak 35 kabupaten kota, yang dibuka pendaftaran di Jakarta beberapa waktu lalu dan sudah ditutup.
Ketiga kategori itu, mengambarkan bagaimana tim dapat menampilkan keterampilan mereka saat melakukan pemadaman kebakaran misalnya teknik menarik selang dari mobil unit pemadam hingga titik kebakaran. Dari penarikan selang akan dihitung kecepatanya berapa detik sampai air disemprotkan ke kobaran api. Di sini akan diuji masing-masing regu.
Demikian juga saat melakukan penyelamatan misalnya di lantai satu, tim harus mampu melakukan itu pertolongan. Langkah apa saja yang dilakukan harus sesuai mekanisme, agar tepat tidak salah.
“Termasuk akan diuji dengan keterampilan bagaimana cara menaiki tangga baik yang lurus dan berkelok. Bagaimana saat tangga tersebut tidak ada sandaran atau pegangan. Apa yang harus dilakukan. Di sinilah semua ditunjukan, siapa yang terbaik dan tercepat dari hitungan waktu,” tambah mantan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah itu.
Lanjut pejabat yang tinggal di Kota Bogor ini, bahwa manfaat perlombaan khusunya bagi regu pemadam, cukup banyak untuk dapat mengukur kemampuan keterampilan dari masing-masing wilayah se Indonesia. Sehingga dapat mengambil pelajaran terbaik.
“Banyak sekali menfaat dengan mengikuti kegiatan ini, bagi anggota Damkar. Maka dari itu sejak dua tahun lalu kami mengikuti terus pertama di Cibubur tahun 2017, tahun 2018 di Ambon dan tahun 2019 ini akan dilaksanakan di Pekanbaru Riau,” jelasnya pehoby olahraga sepeda.
Target memperoleh juara umum dari semua cabang. Tahun lalu di Ambon memeperoleh juara ketiga dari salah satu cabang. Pihaknya optimis dengan para regu yang selalu aktif melakukan latihan setiap saat sampai nanti jelang keberangkatan. Dalam latihan pun mereka menggunakan replika orang yang terbuat dari karet seberat kurang lebih 60 kilogram. Layaknya tengah melakukan evakuasi sungguhan.
Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan, Sigit Widodo Nugrohadi memberikan dorongan agar tim selalu semangat untuk berlatih dengan tekun sehingga target untuk memperoleh juara dalam perlombaan HUT Damkar yang ke-100 itu tercapai. Kuncinya fokus, tekun dan selalu semangat tanpa pantang menyerah. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!