PKM Dosen Unpam dan Majlis Taklim Risma Gelar Isra Miraj

Diterbitkan  Jumat, 05 / 04 / 2019 22:32 - Berita Ini Sudah :  453 Dilihat

CIPUTAT TIMUR- Kegiatan Isra Miraj oleh Majlis Taklim Risma Poncol Cirendeu disi dengan fun learning anak-anak SD dan remaja SMP. Di Situ Gintung Cirendeu Ciputat Timur  Tangsel, acaranya digelar. Ini bagian dari kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) dosen Universitas Pamulang.

Kegiatan tersebut digelar pada Rabu (3/4). Bertajuk “Membangun karakter Islami dengan Menanamkan Nilai Al-Quran Pada Usia Dini dan Remaja”.  Kegiatan berlangsung atas kerjasama antara dosen agama Universitas Pamulang dengan Yayasan Mata Air Arrahim.

Ketua Pelaksana Akbar Taufan  saat sambutan menyampaikan upaya menciptakan lingkungan yang balik. Salah satunya, mengadakan konsep belajar menyenangkan. Ada harapan besar tumbuhnya semangat belajar bagi anak-anak muda.

“Di hari yang sangat istimewa ini, kami panitia ingin mengadakan sesuatu yang berbeda. Kami ingin mengajak remaja di lingkungan kami bisa diisi dengan kegiatan yang bisa menambah ilmu agama dengan cara yang menyenangkan,” kata Taufan.

Kesempatan ini menjadi momen dalam upaya menanamkan nilai-nilai Alquran kepada generasi muda. Dengan demikian nanti mereka menjadi generasi yang mempunyai karakter Islami.

“Kami prihantin dengan kondisi remaja saat ini. Kenakalan remaja yang semakin meningkat. Narkoba yang marajela, dan masalah-masalah sosial lainnya yang melibatkan remaja hingga terjerumus pada pergaulan yang salah. Dengan adanya kegiatan ini. Isra Miraj, diisi dengan kegiatan yang berbeda, tidak hanya materi yang disampaikan. Tetapi ada ice breaking, latihan memanah, door prize dan games lainnya disajikan,” tambah Taufan.

Materi pertama mengenai peran Ilmu Pengetahuan dan konsep belajar yang diambil dari Alquran dan Hadis disampaikan oleh dosen Agama Universitas Pamulang Deni Darmawan. “Mari kita renungkan ayat demi ayat mengenai bagaimana perintah Alquran dan hadis untuk menguasai Ilmu pengetahuan, mulai dari membaca, memahami hingga meneliti. Konsep Alquran mengajarkan hal itu. Agar umat Islam menjadi umat yang cinta dengan ilmu pengetahuan,” jelas Deni penuh semangat dan antusias.

Begitu banyak perintah Alquran dan hadis agar umat Islam dari sejak usia dini dan remaja mempunyai karakter Islami. Dengan mempunyai iman yang kuat, wawasan yang luas dan berakhlakul karimah. “Dimulai dari perintah membaca, proses berfikir, proses menulis, hingga memperoleh ilmu pengetahuan. Proses ini, akan menjadikan iman semakin mantap, wawasan luas dan disertai akhlak yang mulia,” terang Deni .

Materi kedua dan ketiga tidak kalah menarik. Tema seputar tahfidz dan fiqih disampaikan oleh dosen Universitas Pamulang yaitu Mukhlisin, dan Mudzakir.

“Perintah membaca Alquran dengan tartil merupakan perintah Allah SWT. Jika proses membaca sudah baik sesuai kaidah tajwid, tahap selanjutnya menghafal,” terang Mukhlisin saat menjelaskan materi tahfidz.

Kemudian Mudzakir melanjutkan, bahwa mempelajari Fiqih juga amat penting. Khususnya dalam hal ibadah. “Wudhu merupakan syarat sahnya sholat, dengan melakukan wudhu yang benar, maka akan berdampak pada sholat kita,” terang Mudzakir.

Pengetahuan seputar fiqih, bisa menjadi bekal dan membentuk karakter yang menyukai kerbersihan. “Jika wudhu dan salat kita benar, sesuai syaratnya, maka hal ini akan membentuk pribadi-pribadi yang bersih dan indah,” ungkapnya.

Agar tidak bosen, setiap sesi diselingi dengan ice breaking dan doorprize. Di puncak akhir acara, ada games antar kelompok. Hal ini diungkapkan oleh Malik, salah satu peserta yang sangat gembira dan senang mengikuti acara ini. “Tidak hanya ilmu dan pengalaman yang saya dapat, tapi juga kebersamaan bersama teman-teman, dan yang paling yang saya suka, mendapat hadiah yang banyak,” terangnya dengan senyum sumringah.  (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!