Menyonsong Generasi Milenial, Guru RA Tingkatkan Kompetensi

Diterbitkan  Selasa, 09 / 04 / 2019 22:46 - Berita Ini Sudah :  357 Dilihat

KOMPETENSI. Guru RA di kawasan Serpong dan Pamulang melakukan peningkatan kompetensi untuk menyongsong generasi milenial.

SERPONG-Merespon perubahan dan perkembangan zaman di era global, guru-guru RA Tangsel khususnya Serpong Utara dan Pamulang terus meningkatkan kompetensi dalam merencanakan program pembelajaran.

Peningkatan kompetensi ini dilakukan agar guru RA bisa menghadapi generasi milenial saat ini.

Pengawas Kemenag Tangsel, Inti Farhati menjelaskan, guru madrasah saat ini sudah melek dan menyadari bahwa sudah saatnya guru berani menentukan tema sesuai dengan karakteristik lembaga, potensi daerah, serta kondisi lingkungan di mana RA itu berada.

Contohnya di wilayah Serpong Utara, menurutnya karakteristik wilayahnya adalah perkotaan dengan hingar bingar keramaian dan di kelilingi oleh adanya mall yang megah, hotel berbintang, gedung pencakar langit yang menjulang tinggi, dan jalan tol yang panjang seakan tak berujung.

“Kini guru RA Kecamatan Serpong Utara mencoba mendesain tema tidak lagi monoton dan me-rewind tema tahun lalu, tapi menentukan tema sesuai karakteriatik letak geografis. Misalnya satu RA membuat tema ‘Gedung pencakar langit di dekat sekolahku’. RA lain menentukan tema ‘Hotel berbintang dekat lingkunganku’, dan sebagainya,” terangnya.

Ditambahkannya, para guru sudah paham betul bahwa tema yang dibuat oleh guru harus yang dekat dengan anak, harus menarik buat anak, tapi sederhana.

Lain lagi dengan para guru RA di sebagian kecamatan Pamulang. Mereka sedang bersemangat dalam memetakan KD dengan tema-tema yang akan dipilih kemudian dirinci menjadi program semester RPPM dan RPPH.

“Mereka merasakan ada kepuasan ketika bisa memetakan KD dengan tema, kemudian menyusun Prosem RPPM dan RPPH dengan ide orisinil dari mereka sendiri, tanpa meniru dan menjiplak seperti yang selama ini dilakukan,” jelas Inti.

Pengawas madrasah kecamatan Serut, Abas, sangat bersyukur para guru binaanya mendapatkan pengetahuan dan motivasi dalam pembinaan ini.

“Alhamdulilah, sekarang mereka sudah bisa menyelesaikan tagihan prosem RPPM dan RPPH. Ternyata, jika ada yang memfasilitasi dari manapun datangnya, para guru sangat bersemangat untuk terus belajar,” ujarnya.

Pembinaan seperti ini, tambahnya, akan terus dilakukan oleh para pengawas Kemenag Tangsel di binaannya masing-masing dalam rangka meningkatkan kompetensi dan pengetahuan para guru madrasah di era milenial. (irm)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!