Gali Potensi PBB dari Tanah Kosong

Diterbitkan  Senin, 29 / 04 / 2019 21:07 - Berita Ini Sudah :  231 Dilihat

SERPONG- Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) selama 2 Tahun ini terus menggali potensi. Itu untuk meningkatkan penerimaan Pajak Daerah. Salah satunya, melakukan intensifikasi Pajak Bumi dan Bangunan.

Berdasarkan database objek pajak PBB, banyak bidang tanah yang terdaftar. Namun hanya tanahnya saja. Atas dasar hal tersebut Bapenda melakukan upaya penggalian potensi. Dengan melakukan pendataan langsung ke lokasi objek pajak. Ternyata, setelah dilakukan pengecekan banyak yang sudah terdapat bangunannya.

“Tahun 2017 kami berhasil mendapatkan potensi baru dari luas bangunan yang terdata sekitar 625.000 mter persegi di Wilayah Kecamatan Setu dan Ciputat Timur dan 2018 kami berhasil mendata potensi baru dari luas bangunan seluas 1.6 juta meter persegi” jelas Kepala Bapenda Kota Tangsel, Dadang Sofyan/

Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan. “Tahun 2019 ini kami akan menyisir lagi di wilayah Kecamatan Ciputat, karena terakhir kali kami mendata di Ciputat pada Tahun 2016, sehingga dalam kurun waktu lebih dari 2 tahun, kami yakin sudah ada perubahan kondisi Objek pajak dan diperkirakan ada kurang lebih 4.000 objek pajak yang akan kami data” ungkap pria yang sebelumnya menjabat Kepala BP2T.

Kepala Bidang Pajak Daerah 1,pada BapendaIndri Sari Yuniandri, mengatakan, pihaknya akan melakukan pendataan bangunan atas IMB yang telah diterbitkan oleh DPMPTSP pada tahun 2018. Diasumsikan setelah 1 tahun pengajuan IMB bangunan telah selesai dibangun, sehingga segera dapat menjadi objek Pajak Bumi dan Bangunan.

“Pada kesempatan ini, kami menghimbau kepada masyarakat selaku wajib Pajak Bumi dan Bangunan agar melaporkan data objek pajak sesuai dengan kondisi terkini,” ujarnya.

Proses pelaporan kondisi objek pajak ini dapat dilakukan dengan menyampaikan kepada Petugas Pelayanan PST di Kantor Bapenda atau kepada petugas yang akan datang langsung ke lokasi. Dengan memberikan formulir SPOP dan LSPOP sebagai laporan pembetulan data objek pajak sesuai kondisi terkini atau sekarang Pelayanan PBB bisa dilakukan secara Online melalui aplikasi ETA PBB yang dapat diunduh gratis dari playstore.(irm)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!