Sejumlah Harga Kebutuhan Pokok Mulai Naik


Disperindag Operasi Pasar Selama Ramadan

Diterbitkan  Rabu, 01 / 05 / 2019 22:04 - Berita Ini Sudah :  1363 Dilihat


SEMBAKO NAIK. Beberapa bahan pokok di Pasar Serpong mengalami kenaikan jelang Ramadan.

SERPONG-Ramadan sebentar lagi. Sejumlah harga kebutuhan pokok pun mulai naik. Bawang putih, cabe rawit, dan telor meroket.

Di Pasar Serpong, bawang putih, cabe rawit hingga telor ayam mengalami kenaikan yang luar biasa dibandingkan harga sebelumnya. Sementara harga komoditas bahan pokok lainnya seperti bawang merah, beras, minyak goreng dan lainnya masih relatif stabil.

“Bawang putih yang naik, sebelumnya hanya Rp 10 ribu 1/4 kilo, sekarang menjadi Rp 13 ribu 1/4 kilo. Cabe rawit juga naik sebelumnya Rp 8 ribu 1/4 kilo, sekarang jadi Rp 12 ribu 1/4 kilo,” ujar salah satu pedagang, Ucok (31).

Meski mengalami kenaikan harga, menurutnya, hal ini lumrah dan sudah dimaklumi oleh para pembeli. “Pembeli juga sudah ngerti kalau harga naik jelang puasa,” tambahnya.

Sementara, pedagang lainnya, Was Rifah (50) mengatakan, menjelang puasa ini memang lumrah terjadi kenaikan harga. Bahkan nanti bisa mengalami kenaikan kembali pada hari H-7 Lebaran.

“Telor ayam yang tadinya Rp 23 ribu, sekarang jadi Rp 25 ribu per kilogramnya. Ini semua karena peminat telor yang naik karena menjelang puasa,” tukasnya.

Was Rifah mengaku kenaikan belum terjadi pada komoditas lainnya. Misalnya seperti beras dan minyak goreng masih stabil.

“Kalau beras masih sama aja, minyak goreng juga sama Rp 11 ribu per liter, garam Rp 2 ribu per bungkus dan terigu juga masih sama Rp 7 ribu per kilo,” tuturnya.

Salah satu pembeli, Yuyun (34) mengatakan, kenaikan harga sudah dirasakan sejak seminggu yang lalu. “Sudah seminggu lalu naik, tapi biasanya bakal naik lagi harganya. Udah biasa itu mah, namanya juga mau puasa,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangsel, Maya Mardiana mengklaim bahwa stok kebutuhan pangan di Tangsel menjelang bulan ramadan sudah aman.

“Stok keamanan pangan di setiap pasar yang ada di Tangsel menghadapi bulan ramadan ini dilaporkan pada saat rapat TIPD pada Minggu lalu dilaporkan aman,” ujarnya.

Maya mengakui memang terdapat kenaikan harga beberapa bahan sembako “Kenaikan mencapai 8 persen pada komoditas bawang putih, cabe keriting, cabe rawit merah dan 25 persen pada komoditi rawit hijau,” imbuhnya.

Lanjutnya, pemerintah akan melakukan upaya-upaya intervensi melalui operasi pasar, pemantauan harga pasar dan penimbunan stok sembako serta berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Tangsel.

“Akan dilakukan operasi pasar ramadhan bersama mitra, bulog, Polres dan dinas lainnya yang terkait,” pungkasnya.(dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!