Pleno Pemilu Tingkat Kota Diperkirakan 6-7 Mei

Diterbitkan  Rabu, 01 / 05 / 2019 18:43 - Berita Ini Sudah :  189 Dilihat

 

SERPONG- Rekapitulasi suara masih berlangsung. Namun hingga saat ini belum ada satu kecamatan pun di Kota Tangsel yang selesai melakukan pleno. Alhasil, diperkirakan pleno tingkat kota baru akan terlaksana pada 6-7 Mei.

Berdasarkan tahapan di Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2018, pleno tingkat kota dilaksanakan mulai 20 April sampai 7 Mei. Namun lantaran hingga saat ini pleno tingkat kecamatan belum ada yang selesai, maka mau tidak mau Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel memilih tanggal akhir. Pada 6-7 Mei untuk melakukan pleno tingkat kota.

Untuk pleno tingkat kecamatan pun ada penambahan waktu. Bagi beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Serpong Utara dan Setu. Berdasarkan petunjuk Teknis Peraturan KPU, disebutkan bagi TPS 200 sampai 400 TPS, maka diberi waktu 10 hari. Sedangkan untuk kecamatan memiliki TPS dari 400 sampai 600 TPS, diberi waktu 15 hari. Kecamatan memiliki TPS lebih dari 600 diberi waktu 17 hari.

“Memang Serpong Utara dan Setu yang hanya memiliki 200 TPS lebih seharusnya sudah selesai hari ini, namun belum juga selesai masih ada beberapa kelurahan lagi. Dan ini akan dilanjutkan lagi. Karena pleno tidak mungkin ditunda atau dihentikan selama semua TPS belum dihitung,” ujar Anggota KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein, kepada Tangsel Pos, kemarin.

Mudjahid pun mengakui, memang pada saat ini tahapan pleno di tingkat kecamatan cukup panjang. Waktu panjang dikarenakan jumlah suara yang dihitung jauh lebih banyak. Juga, ada beberapa permasalahan saat pleno.

Terkait permasalahan saat pleno, Mudjahid mengatakan, seperti kesalahan dalam penulisan administrasi, protes para saksi terkait kesamaan suara hingga harus dilakukan penghitungan ulang. Kesalahan lain, juga menjadi permasalahan.

“Beberapa keselahan itu yang akhirnya memakan waktu yang cukup lama. Namun untuk menghasilan proses yang bersih dan transparan. Kita harus terima protes dan juga keberatan saksi, sampai akhirnya mendapatkan fakta yang kuat dan pleno bisa dilanjutkan, meski pun harus dihutung ulang,” ungkapnya.

Ketua KPU Kota Tangsel Bambang Dwitoro berharap pleno kecamatan mampu menyelesaikan semua persoalan. Sehingga, nanti ketika pleno di tingkat kota berlangsung bisa berjalan tanpa adanya hambatan.

“Semoga saja semua protes dan ketidakpuasan sudah disampaikan di tingkat kecamatan ini. Sehingga nanti ketika pleno tingkat kota semuanya berlangsung dengan cepat dan hasil pleno diterima dengan baik oleh seluruh peserta Pemilu,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!