Kelurahan Serua Bina Warga Kelola Sampah

Diterbitkan  Jumat, 03 / 05 / 2019 22:13 - Berita Ini Sudah :  264 Dilihat

CIPUTAT-Kelurahan Serua Kecamatan Ciputat, Kamis (2/5) menggelar pembinaan pengelolaan sampah. Dihadiri 50 peserta. Mereka para RT/RW dan masyarakat. Kegiatan tersebut berlangsung lima kali. Kemarin, kegiatan keempat kalinya. Jumat (3/5), hari terakhir kegiatan.

Lurah Serua Kecamatan Ciputat, Cecep Iswadi menyampaikan, kegiatan ini bagian dari program dana kelurahan. Kelurahan Serua menjadi percontohan dalam program ini. Diharapkan selesai dengan memuaskan. Dapat dicontoh oleh kelurahan di Tangsel sebagai program pemberdayaan masyarakat.

“Salah satu kegiatan kita dalam menyerap dana kelurahan tentang persampahan di mana kita sudah punya Bumi Maruga Resik (BMR) RW 4 tepatnya persis di depan Pemkot Tangsel,” kata mantan Lurah Ciputat.

Sampah menjadi problem di semua level. Maka, diprioritaskan dalam pengurangan sampah. Mulai dari tingkat lingkungan RT/RW. Bahkan tingkat kota. Pelatihan ini diharapkan, para peserta lebih peduli terhadap sampah. Kepedulian ini diimpikan menjadi semangat bersama dalam mengatasi sampah. Agar dapat teratasi dengan baik.

“Dengan adanya dana kelurahan bisa bermanafaat untuk pengelolaan sampah di tingkat RT/RW yang mana sampah menjadi prioritas utama, bukan hanya tingkat kota, tapi tingkat nasional,” sambungnya.

Ada harapan besar. Kegiatan ini melalui dana kelurahan mampu menyumbangkan solusi atas persoalan sampah di lingkungan. Semoga apa yang diharapkan ini dapat terwujud. Guna mewujudkan keberhasilan itu, perlu dukungan dan semangat masyarakat secara menyeluruh.

Hal sama disampaikan oleh Sekretaris Kelurahan Serua, Nasin Sutiadi. Adanya kegiatan ini sampah di wilayah Serua dapat berkurang. Upaya masyarakat yang dapat mengolahnya melalui daur ulang dan organiknya menjadi media tanam.

“Kami berharap seperti itu seperti di Maruga sudah berjalan kurang lebih tiga tahun dan langsung diolah menjadi kompos maupun pupuk cair. Tentu ada harapan di semua 24 RW se-Kelurahan Serua terdapat bank sampah. Karena cukup efektif dalam pengurangan sampah sejak di lingkungan rumah tangga,” imbuhnya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!