Laporan Buku Tahunan Perusahaan Milik Pemkot Positif

Diterbitkan  Jumat, 03 / 05 / 2019 22:35 - Berita Ini Sudah :  211 Dilihat

 

CIPUTAT- Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) dijeda akhir April kemarin. Akhirnya, kini dilanjutkan. Diputuskan digelar Jumat (3/5). Dalam rapatnya, disebutkan tidak ada penambahan saham dari penanam modal yakni Pemkot Tangsel.

Rapat lebih pada penyampaikan hasil kegiatan perusahaan yang sahamnya 99 % Pemkot Tangsel ini. Hasil selama satu tahun kegiatan 2018.  “Rarap sudah selesai tadi (kemarin). Rapat ini lebih kepada pelaporan buku selama satu tahun lalu yang disampaikan oleh PT PITS terhadap pemkot Tangsel selaku penanam saham dalam perusahaan Badan Milik Usaha Daerah selaku holding company PT PITS,” kata Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie.

Pemkot Tangsel selaku penanam saham sebesar Rp 22 miliar itu menganggap telah cukup untuk tahun 2019 ini. Diharapkan dengan saham yang dikelola itu akan berkembang. Memperoleh hasil. Saat ini basis bisnis PT PITS berkisar pada pengelolaan air bersih yang terus dikembangkan kepada masyarakat Kota Tangsel.

“Cukup saham yang sudah diserahkan untuk tahun 2019 ini. Jadi tidak ada penambahan saham lagi. Mudah-mudahan PT PITS dalam pengembangan air bersih terus berkembang pesat memenuhi kebutuhan kepada masyarakat secara merata,” pesan mantan Kepala Humas Pemkab dan Bappeda Kabupaten Tangerang ini.

Dari evaluasi pemkot selaku penanam saham, kondisi PT PITS tahun demi tahun mengindikasikan kondisi positif. Dengan kondisi demikian, kepercayaan penanam saham kepada PT PITS akan terus tumbuh. Alhasil, program capaian ke depan dapat dilakukan dengan mulus. Progres ke depan PT PITS akan menggarap bidang-bidang usaha lain.

“Selain mengelola air bersih, mereka akan menggarap berbagai bisnis lain, tapi itu nanti. Saat ini sementara fokusnya pada air bersih lebih dulu. Kami menilai dari hasil laporan mereka, cukup positif dan bagus. Berkembang,”terangnya.

Pemkot Tangsel belum mendapatkan deviden dari PT PITS. Kendati dikabarkan oleh Direktur Utama PT PITS Dudung E Diredja yang menyampaikan telah memperoleh hasil sebesar Rp 3 miliar pada tahun buku 2018. Dari hasil penjualan air bersih kepada masyarakat dan Pemkot Tangsel.

“Kami belum mendapat laporan deviden. Mungkin itu diputar lagi untuk pengembangan usahanya. Memang ada aturan pembagian deviden dengan prosentase yang harus serahkan kepada investor sebagai keuntungan usaha. Tapi itu nanti mungkin setelah stabil,” kata Mantan Sekda Kota Tangsel ini usai menggelar RUPS pertama yang dijeda.

Dudung menyampaikan, keuntungan Rp 3 miliar. Dirinya memiliki harapan agar uangnya diputar kembali untuk pengembangan modal pelayanan air kepada masyarakat. Kendati pada akhirnya akan ada pembagian hasil kepada pemegang saham baik kepada Pemkot Tangsel dan ke Koperasi Sejahtera Praja Mandiri (SPM) yang diketuai oleh Tommy D Patria.

Sebelumnya, Dudung juga menyampaikan,  laba untung tahun 2018 diperoleh dari pengelolaan sambungan air minum. Tersebar ke berbagai titik. Salah satunya ke lingkungan Balaikota Tangsel. Pemkot Tangsel menggunakan air PAM diresmikan jelang HUT ke-9 Kota Tangsel pada Jumat 2017. Ditandai air mengucur ke Balaikota Tangsel sebagai kado ulang tahun kala itu.

“2019 kita akan memberikan pelayanan yang terbaik. 2018 kita mengelola sekitar 4500 sambungan rumah air Pemkot (kawasan Balaikota), Vila Dago Tol dan masyarakat sudah sektiar 350 pelanggan,” ia merinci.

“Kami mengharapkan keuntungan itu untuk modal untuk kita untuk kedepan tapi kita juga akan memberikan sharing kepada Pemkot Tangsel. Keuntungan BUMD bukan dilihat dari provitnya tapi dilihat dari seberapa besar BUMD ini bermanfaat bagi masyarakat dan bisa membantu masyarakat dalam hal kebutuhan terpenting target RPJMD Walikota. Itu yang paling utama. Insya allah tercapai terutama di dalam pelayanan air minum. 2021 kita bisa mencapai target 100 persen,” imbuh Dudung. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!