Berlaku Bulan Ramadan, Surat Edaran Segera Terbit


Pemkot Kurangi Jam Kerja

Diterbitkan  Jumat, 03 / 05 / 2019 22:12 - Berita Ini Sudah :  171 Dilihat

 

CIPUTAT- Lama jam kerja bakal berkurang. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Pemkot Tangsel telah mengajukan perihal pengurangan jam kerja. Surat edaran penetapan pun sudah di meja Sekda Kota Tangsel, Muhamad.. Berlaku selama bulan Ramadan.

Setelah ditandatangai nanti akan diedarkan kepada seluruh dinas. Alhasil, para pengawai di lingkup Pemkot Tangsel tak perlu berlama-lama di kantornya. Dikarenakan jam kerja berkurang.

“Akan segera diedarkan dan disosialisasikan berkaitan dengan jam kerja bagi pegawai lingkungan Pemkot Tangsel selama Ramadan tahun 2019,” tegas Kepala BKPP Kota Tangsel, Apendi.

Jam kerja pada hari Senin hingga Kamis, masuk pagi pukul 08.00 WIB. Pulang pukul 15.00 WIB. Adapun jam istirahat sama yakni pukul 12.00 WIB hingga 12.30 WIB. Hari Jumat masuk tetap pukul 08.00 WIB. Jam pulang lebih lama tiga puluh menit dari hari biasa, yaitu 15.30 WIB.

“Selain ada perubahan jam kerja selama Ramadan, kami juga meniadakan apel setiap hari pada pagi hari. Biasanya apel digelar setiap hari jelang masuk kantor,”  ujar mantan Camat Pondok Aren ini, kemarin.

Pada hari biasa, pegawai Pemkot Tangsel wajib masuk kantor pukul 07. 30 WIB. Pulang kantor pukul 16.00 WIB. Jumat pulang pukul 16. 30 WIB. Bagi tenaga medis Senin hingga Sabtu memberikan pelayanan kepada pasien 08.00 WIB hingga pukul 14.00 WIB.

“Pelayanan kapan saja, apalagi medis sangat dibutuhkan masyarakat. Meski di luar jam kerja, pasien bisa datang ke puskemas, dan pasti dilayani. Termasuk seperti petugas Satpol PP dan Damkar memang selalu dua puluh empat jam dalam menjalankan tugas,” beber Apendi.

Kendati ada yang ditiadakan, misalnya apel setiap hari. Selama Ramadan akan diganti dengan kuliah Duha di Masjid Al Ithisom Balaikota pagi hingga selesai. Bagi pegawai yang tidak ada kesibukan disarankan mengikuti kajian selama Ramadan.

“Sebagai gantinya kajian setiap hari, pagi hari hingga selesai selama Ramadan. Jadwalnya sudah ada. Pengisi materi pun demikian, ada yang berasal dari luar atau dari internal. Bagi OPD yang akan menyiapkan penceramah atau pengisi materi dipersilahkan,” tukasnya.

Diharapkan melalui, kajian selama Ramadan, dapat berimplikasi keimanan dan ketaqwaan bagi pegawai di lingkungan Pemkot Tangsel. Ramadan bulan penuh berkah, ampunan dan anugrah Allah SWT. Oleh sebab itu, momen penting ini harus dijadikan sebagai muhasabah diri. Untuk beribadah sesungguh-sungguhnya. Beribadah  sesuai dengan ajaran Islam yang kaffah.

“Oleh sebab itu, mari kita berdoa kepada Allah SWT agar disampaikan ke bulan Ramadan. Kita tidak pernah tahu apakah kita sampai atau tidak karena itu rahasia Allah. Banyak orang yang ingin sampai ke bulan Ramadan, tapi Allah berkehendak lain. Maka, bagi yang diberikan kesempatan menemui bulan penuh berkah itu jalani dengan penuh kekhusuan. Penuh semangat dan perbanyak amal perbuatan,” semangatnya.

Dari tahunke tahun, pejabat religius ini menilai kualitas, kinerja pegawai Tangsel, selalu baik. Meski Ramadan, tidak dijadikan sebagai alasan untuk bermalas-malasan. Karena, bekerja juga bagian dari ibadah.

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie menyampaikan, surat edaran dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan)  Nomor 394 tahun 2019 tentang Penetapan Jam Kerja pada Bulan Ramadan 1440 H sudah ada. “Sudah terbit surat edaran Menpan sebagaimana tersebut, maka kami tinggal melaksanakannya,” ujar Benyamin. (din)

 

>>BIKIN DATA GRAFIS

Perubahan Jam Kerja

Pemkot Tangerang Selatan

 

Hari                                        Sebelum                                                              Perubahan

Senin – Kamis                    07.30 – 16.00 WIB                                             08.00 – 15.00 WIB

Jumat                                    07.30 – 16.30 WIB                                             08.00 – 15.30 WIB

 

Keterangan:

  • Jam Istirahat tidak ada perubahan yaitu 12.00 WIB hingga 12.30 WIB
  • Bagi tenaga medis: Senin – Sabtu memberikan pelayanan kepada pasien pada pukul 08.00 WIB – 14.00 WIB.

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!