Walikota Apresiasi Aplikasi Apindo Karir

Diterbitkan  Minggu, 05 / 05 / 2019 21:34 - Berita Ini Sudah :  238 Dilihat

SERPONG UTARA– Pemkot Tangsel mendukung penuh keberadaan aplikasi Apindo karir. Digagas Apindo Banten. Namanya, apindotangsel.topkarir.com. Bagi pencari kerja dapat membuka aplikasi ini. Ada banyak lowongan pekerjaan di wilayah Kota Tangsel.

Satu pekan lalu diresmikan oleh Gubernur Banten Wahidin Halim di bilangan Kabupaten Tangerang. Jumat (3/5), Apindo Tangsel mengadakan sosialisasi kepada masyarakat, lembaga dan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

Sambutan Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dalam kegiatan sosialisasi dibacakan Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Fuad.

Dalam sambutanya itu,  Airin mengapresiasi langkah Apindo dalam memberikan solusi bagi anak muda yang tengah berupaya mencari pekerjaan. Bagi para pencari kerja dapat melalui aplikasi ini untuk mengajukan lamaran pekerjaan.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-ingginya kepada Apindo Tangsel dan Topkarir karena atas inisiatifnya membuat aplikasi karir apindotangsel.topkarir.com ini, yang tentunya harapan kita semua aplikasi ini sangat berguna bagi para anak muda khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan lapangan pekerjaan,” katanya.

Cara mengatasi pengangguran salah satunya dengan informasi menyangkut kebutuhan perusahaan dan kesediaan para pencari kerja. Keduanya harus terhubung. Tanpa ada komunikasi sulit perusahaan dapat memeroleh sumber daya manusia yang diinginkan. Demikian orang yang mencari kerja, akan sulit memperoleh lapangan pekerjaan.

“Saya berharap dengan adanya portal apindotangsel.topkarir.com ini semua informasi seputar karir dapat terpusat dan memudahkan industri juga para tenaga kerja dalam mencari pekerjaan. Dengan adanya ini beragam informasi seputar karir yang membantu anak muda Indonesia dalam pengembangan karirnya seperti informasi lowongan kerja, magang, pelatihan dan sertifikasi, beasiswa, kewirausahaan dan juga tips karir dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat,” harap Airin.

Peran Apindo membantu Pemkot Tangsel dalam mengurangi angka pengangguran di Tangsel. Tantangan Tangsel cukup banyak meski pada satu sisi, minat investor cukup besar menanamkan modalnya. Pertumbuhan ekonomi di atas rata-rata nasional 7,46 persen. Kini kendala pengangguran harus harus diatasi.

“Dengan adanya portal ini di harapkan masalah kurangnya informasi dikalangan anak muda khususnya para pencari kerja akan lebih teratasi, dan portal ini diharapkan dapat mendukung upaya pemerintah kota dalam rangka mengurangi angka pengangguran di Kota Tangsel,” tambahnya.

Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK) Apindo Tangsel, Adwin Sjahrizal menyampaikan portal yang disosialisasikan ini, satu solusi bagi para pencari kerja dan dunia usaha. Selama ini ada problem krusial yang sulit dipecahkan. Pada tataran masyarakat, mencari pekerjaan itu sulit. Hal rupanya dialami kalangan dunia usaha. Mencari karyawan ternyata tak mudah.

“Oleh sebab itu, Apindo Banten bekerjasama dengan Topkarir dengan percontohan di wilayah Kota Tangsel sebagai percontohan yang nanti akan diberlakukan di semua kabupan kota di Banten. Melalui aplikasi   apindotangsel.topkarir.com dapat menjaring pera pencari kerja. Demikian dunia usaha akan mendapatkan calon-calon perja yang sesuai kriteria supaya perusahaanya berkembang pesat,” harap Adwin.

Wilayah Banten dan Tangsel, dominasi pencari kerja, tingkat pendidikan SMA-SMK. Semestinya tamatan SMK putra putri yang siap bekerja. Namun fakta di lapangan berbeda. Apa yang terjadi? Ilmu yang diserap dari sekolah tidak seirama dengan dunia kerja. Oleh sebab itu ke depan perlu ada link and match, dunia pendidikan, pemerintah, dan perusahaan.

Direktur Operasional Topkarir.com Diana Tanu menjelaskan, melalui aplikasi ini baik pencari kerja ataupaun dunia kerja sama-sama dimudahkan. Sebab lebih spesifik, selain data pribadi seperti nama, alamat dan pendidikan. Dilengkapi dengan tes spikologi bakat dan minat. Biasanya perusahaan harus melalukan rangkaian tes wawancara berhari-hari. Melalui aplikasi hanya hitungan menit sudah diketahui hasilnya.

“Itulah manfaat yang dapat diperoleh perusahaan lebih praktis. Demikian bagi pelamar, tidak perlu harus repot, cukup di depan komputer semua langsung terdata dengan lengkap mencakup pengalaman, keahliannya. Sehingga dapat diketahui perusahaan. Kesempatan ini menjadikan dunia usaha dapat memutuskan akan memanggil pelamar atau tidak,” tambah ia.

Di apliksasi ini tampilan layar akan terlihat peringakat pelamar. Dari semua level, stata satu, dua, SMA-SMK, SLTP. Bagi yang paling banyak pelamarnya akan berada di posisi atas. Berikut dapat diketahui jumlah pelamar yang telah masuk.

“Berdasarkan jumlah pelamar yang masuk saya cek paling banyak strata satu. Adapun total yang telah mengajukan lamaran sekitar 500 an orang dari total sekitar 500 posisi lowongan pekerjaan. Semakin dikenal masyarakat akan semakin banyak yang memanfaatkan cara ini,” imbuhnya.

Kelebihan lain, Topkarir ini lebih fokus pada satu daerah. Berbada dengan aplikasi lowongan pekerjaan lain yang lebih global. Karena lebih global, persaingan mendapat pekerjaan pun tipis. Tapi dengan apindotangsel.topkarir.com peluangnya lebih besar karena lebih ke wilayah dan prioritasnya untuk penempatan di Tangsel. Turut hadir pengurus Apindo Yakub Ismail sekaligus menjadi narasumber dalam sosialisasi itu. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!