Pemkot dan MUI Buat Edaran Tempat Hiburan Tutup Selama Ramadan


Ormas Dilarang Sweeping

Diterbitkan  Selasa, 07 / 05 / 2019 20:41 - Berita Ini Sudah :  258 Dilihat

SERPONG- Hikmat dan khusuk. Harapan semua pihak dalam pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan. Juga berjalan aman dan lancar. Tidak ada kegaduhan. Apalagi membuat masyarakat resah saat menjalankan ibadah.

Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemkot) bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Tangsel telah mengeluarkan surat edaran. Ditujukan kepada tempat hiburan malam di Kota Tangsel. Untuk tutup selama sebulan.

Tidak hanya tempat hiburan saja, tempat kuliner pun harus tutup menganakan kerai atau gordeng. Itu berlaku jika tetap ingin berjualan.

Dengan adanya edaran, seluruh pihak diharapkan mampu bersama-sama menjaganya. Menjalani aturan. Termasuk, organisasi masyarakat (Ormas). Agar mampu bersama-sama menjaga. Tidak main hakim sendiri, di antaranya melakukan sweeping.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, mengatakan, setiap organisasi kemasyarakatan diimbau bisa ikut membantu melakukan pengawasan selama bulan suci Ramadan. Para pelaku usaha pun diharapkan bisa mentaati regulasi berdasarkan surat edaran.

“Tentu kami berharap tidak ada Ormas di Tangsel yang  melakukan sweeping sendirian terhadap tempat-tempat yang sebelumnya telah diperingati untuk tutup,” ungkapnya pria yang masa remajanya dikenal sebagai “anak kolong” ini.

Menurutnya, selama Ramadan Ormas hanya diperkenankan ikut membantu pengawasan terhadap industri kepariwisataan. Bila melihat ada tempat kuliner atau hiburan melanggar operasional hendaknya dilakukan secara persuasi.

“Kalau ada pelanggaran, maksudnya ada yang tidak mentaati surat edaran tersebut. Alangkah lebih baiknya dilaporkan ke kami, agar penindakannya sesuai dengan prosedur atau hukum yang ada,” terang mantan Kepala Bappeda Kabupaten Tangerang ini.

Diketahui, regulasi Ramadan di Kota Tangsel bagi industri hiburan dan kuliner berlaku mulai H-2 Ramadan hingga H+3 Lebaran. Khusus bagi usaha hiburan harus tutup total. Industri hiburan dimaksud, di antaranya karaoke, spa, panti pijat, dan ketangkasan.

Adapun khusus bagi usaha kuliner jam operasionalnya dibatasi. Setiap hari boleh buka melayani pelanggan mulai dari pukul 12.00 WIB hingga 05.00 WIB. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!