Perpustakaan Keliling Menjadi Solusi Bacaan Masyarakat

Diterbitkan  Selasa, 07 / 05 / 2019 21:00 - Berita Ini Sudah :  280 Dilihat


PAMULANG-Perpustakaan keliling memberikan solusi dalam memenuhi kebutuhan bacaan masyarakat. Misalnya saat masa libur sekolah berlangsung, perpustakaan keliling menjadi solusi.
Kepada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel, Dadang Raharja menyampaikan kapan saja perpustakaan keliling siap untuk datang ke masyarkata apabila ada permintaan. Proses permohonan membutuhkan waktu dua hingga tiga hari, dapat dipenuhi.
“Perpustakaan keliling melayani permintaan mayarakat baik di sekolah, komunitas atau kegiatan-kegiatan publik lain. Seiring dengan masa libur sekolah. Maka perustakaan keliling bisa hadir pada momen-momen di lingkungan masyarakat sesuai permintaan warga,” katanya kemarin.
Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tangsel kini memiliki 9 unit mobil yang digunakan untuk menjadi perpustakaan keliling. Dengan jumlah koleksi satu unitnya diperkirakan sekitar 1000 buku koleksi. Beragam judul dan subjek, mulai fiksi non fiksi dan buku-buku pengayaan. Sejarah, kesusasteraan dan ilmu-ilmu terapan. Termasuk koleksi-koleksi pada masing-masing unit armada disesuaikan dengan pengguna. Misalkan untuk SD akan berbeda dengan mayarakat pada umumnya.
“Kami siapkan sesuai segmen berdasarkan permintaan. Jika anak-anak SD, maka koleksinya bacaan anak-anak berikut disediakan putaran film-film. Termasuk ketika datang bulan Ramadan, maka film-filam sejarah Islam menjadi momen yang banyak digemari,‚ÄĚtambah ia.
Permintaan semakin meningkat keika siswa masuk sekolah. oleh sebab itu, dari 9 armada harus terjadwal secara bergantian. Kesediaan 9 armada belum ideal apabila dihitung dengan jumlah sekolah dasar negeri yang mencapai ratusan belum lagi ditambah SMPN mencapai puluhan. Tingkat Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
“Jika kami melaksanakan seminggu sekali untuk seluruh sekolah. Kami belum mampu dengan keterbatasan unit yang kami miliki. Demikian kami belum bisa mencukupi tingkat TK dan PAUD,” tambah ia.
Kehadiran perpustakaan keliling di lingkungan sekolah sangat dinanti para siswa. Perpustakaan keliling menjadi solusi kejenuhan siswa dengan koleksi perpustakaan yang ada di sekolah. Banyak koleksi lebih pada buku-buku pelajaran sedangkan buku pengayaan prosentasenya lebih sedikit.
“Perpustakaan keliling untuk mensiasati kejenuhan. Murid bisa membaca dengan buku yang lain. Karena perpustakaan sekolah kondisinya lebih banyak buku-buku pelajaran,” tukasnya.
Pada saat perayaan HUT Kecamatan Ciputat Timur yang ke-12, Sabtu (4/5) satu unit mobil perustakaan keliling hadir di tengah-tengah ramainya warga. Tak sedikit warga yang duduk sambil menikmati suasana mereka memilih berbagai koleksi buku bacaan.
Peminatnya cukup banyak, dari mulai anak-anak hingga orangtua. Santai sambil membaca bacaan pilihan mereka. Tentu ini menjadi hal yang menyenangkan. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!