Kunjungan Pasien Puskesmas Pamulang Menurun di Awal Puasa

Diterbitkan  Rabu, 08 / 05 / 2019 20:44 - Berita Ini Sudah :  194 Dilihat

 

PAMULANG-Jumlah kunjungan pasien rawat jalan di Puskesmas Pamulang menurun selama tiga hari puasa Ramadan dibandingkan hari-hari biasanya. Hal tersebut diungkapkan Kepala Puskesmas Pamulang, Fitri Oriza, Rabu (8/5).

Jika biasanya sebelum puasa rata-rata pasien yang datang sebanyak 400 orang per hari, di bulan puasa ini mengalami penurun rata-rata 225 pasien.

Fitri mengungkapkan biasanya jumlah pasien akan kembali meningkat pada H+1 hingga H+3 lebaran. Hal ini lantaran dari masyarakat yang tidak menjaga pola makanannya selepas puasa.

Fitri mengingatkan untuk warga Pamulang selama bulan puasa ini harus mengkonsumsi air putih saat buka maupun sahur. Bahkan disaat berbuka puasa untuk makan makanan ringan terlebih dahulu agar lambungnya tidak kaget. Setelah menjalankan salat terawih bisa mengkonsumsi makanan pokok.

“Pada saat sahur jangan mengkonsumsi makanan yang bersifat asam dan minuman yang mengiritasi lambung seperti kopi atau soda.”ingatnya.

Wanita berjilbab ini mengatakan, pola makan pada saat puasa membuat badan lebih sehat. “Kami Kepala UPT beserta seluruh staff puskesmas pamulang mengucapkan selamat menunaikan Ibadah Puasa.Semoga lancar dalam menjalankan ibadah puasa nya, Kami berpesan agar masyarakat untuk selalu minum air putih, jangan makan makanan bersifat asam, jika ini dijaga insyaAllah akan selalu sehat dalam menjalankan ibadah puasa,”pesannya.

Fitri berbepan agar warga Pamulang untuk mengurangi konsumsi es atau minuman yang dingin, dikarenakan kebanyakan pasien yang datang ke Puskesmas pada Puasa ini karena sakit batuk dan pilek. “Banyak yang konsumsi es dan minuman dingin, jadi yang datang ke Puskesmas keluhannya batuk dan pilek,”singkatnya.

Sementara, Dwita (25) seorang pasien yang ditemui di Puskesmas Pamulang, mengatakan, dirinya mengeluhkan batuk dan pilek, karena saat buka dan sahur lebih banyak minum air dingin dan es batu. “Ya nih, puasa kebanyakan minum es jadi batuk dan pilek,”keluhnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!