Para Musisi Kampanye Cinta Bumi

Diterbitkan  Kamis, 09 / 05 / 2019 20:59 - Berita Ini Sudah :  264 Dilihat

 

SERPONG- Sampah plastik menjadi sorotan. Aktivis pecinta lingkungan Indonesia terus menyuarakan bahayanya sampah plastik. Persoalan sampah plastik juga menjadi isu terhangat dunia. Pencemarannya dianggap sangat berbahaya.

Di antaranya, beberapa musisi Indonesia berkumpul untuk mengajak dalam sebuah gerakan mencintai bumi. Dengan pengurangan pemakaian sampah plastik.

Demikian dikemas melalui Peluncuran Kampanye Abuella Cinta Bumi. Digelar di salah satu kafe kawasan Serpong. Dihadir beberapa musisi seperti Robi Navicula, Endah n Resa, Cristine, Nuggie serta beberapa musisi lain.

Sandrina Malakiano selaku penggagas ‘Aku Cinta Bumi’ memaparkan, sengaja pihaknya mengumpulkan para musisi. Penggiat lingkungan. Juga tokoh masyarakat. Agar berdiskusi secara bersama membahas bahaya plastik dan bagaimana hidup tanpa plastik.

“Menurut sumber, Indonesia penghasil sampah plastik yang dibuang ke laut terbesar nomor 2. Belum lagi di Hawai yang sudah sangat memprihatinkan, serta banyaknya hewan laut yang terluka atau terkontaminasinakibat sampah plastik,” katanya, mengawali diskusi bahaya sampah plastik.

Belum lagi hasil penelitian lain, bila dalam kotoran manusia juga mengandung plastik. Sebab, sumber lauk yang dimakan, termasuk dari laut, sudah terkontaminasi oleh sampah plastik tersebut.

Makanya, sudah harus dimulai dari sekarang, manusia mengurangi penggunaan plastik dalam kesehariannya. “Biasakan diri, dari diri sendiri untuk tidak menggunakan plastik untuk barang belanjaan, sedotan plastik, gelas plastik, itu mulai dari diri dan tularkan kepada keluarga,” ujar Sandrina.

Begitu juga, menurut musisi Nuggie. Diperlukan dalam menyuarakan pengurangan sampah plastik adalah komitmen. “Paling krusial adalah komitmen. Saya blusukan dari tahun 98, ke pelosok-pelosok, pasti mentok di ceremony,” ujarnya.

Saat ini, Indonesia banyak berdiri lembaga konservasi dan urbanity komunitas lingkungan. Namun mereka bergerak sendiri. Bila semua berkomitmen untuk lingkungan, memerangi sampah, maka bersatulah untuk bersama melakukan hal tersebut.

Vocalis Band Navicula, Robi, mengatakan, dalam kampanye perangi sampah plastik memang harus dilakukan dengan cara yang jauh lebih masif. Tidak cukup hanya sekadar seremoni.

Dia memberi contoh seperti dibuatkan film dokumenter, khusus terkait bahaya sampah plastik. “Kenapa kita tidak buat saja film dokumenter sendiri terkait sampah plastik ini. Dengan perkembangan media sosial saat ini dari film dokumenter ini pesannya akan lebih mudah tersampaikan,” ungkapnya.

Sementara mengenai kegiatan tersebut, Robi mengatakan, Kampanye Abuella Cinta Bumi sudah mulai dirintis dan galang sejak awal 2019. ‘

Dalam bentuknya yang lebih menyeluruh kampanye ini akan dimulai secara resmi melalui peluncuran ini.

“Untuk itu, kami mengundang Bapak, Ibu, Saudara-Saudari, Para Sahabat Abuella serta teman-teman jurnalis berbagai media untuk bersama-sama kita gagas-gagas ide untuk menjaga bumi kita, dan kurangi pemakaian sampah plastik,” pungkasnya. (dra)

 

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!