Pleno Tingkat Kota Mundur Sehari

Diterbitkan  Kamis, 09 / 05 / 2019 20:59 - Berita Ini Sudah :  320 Dilihat

RAPAT PLENO TERBUKA REKAPITULASI KOTA TANGERANG SELATAN: Ketua Bawaslu Kota Tangerang Selatan Muhammad Acep menyaksikan petugas membuka kotak suara saat rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat Kota Tangerang Selatan di Serpong, Rabu (8/5). Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan dan perolehan suara Pemilu 2019 dihadiri pimpinan partai, saksi peserta Pemilu, Komisioner Bawaslu, penyelenggara tingkat kecamatan dan Forum Koordinasi Pimpinan daerah setempat.

SERPONG UTARA- Menunggu. Beberapa kecamatan menyelesaikan tahap rekapitulasi. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel terpaksa harus mengundur pleno rekapitulasi tingkat kota menjadi sehari.

Setelah sempat mundur, pleno rekapitulasi pun dilanjutkan kemarin. Dimulai pada siang hari. Pleno baru membacakan dua kecamatan. Yaitu kecamatan Pondok Aren dan Kecamatan Ciputat Timur.

Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan, awalnya menargetkan 4 kecamatan akan diselesaikan pada 7 Mei kemarin. Namun lantaran belum kelar rekapitulasi tingkat PPK. Hingga pukul 19.30 WIB keempat Kecamatan tersebut belum dapat menyelesaikan pekerjaannya.

“Yang tadinya kita agendain 4 Kecamatan yang belum Ciputat, Ciptutat Timur, Pamulang dan Pondok Aren. Sampai kita konfirmasi baru akan menyelesaikan DA.1 jam 21.00 WIB. Karena perlu dipastikan penandatanganan DA1 sama dengan yang di plano,” ujarnya.

Terkait pemunduran rekapitulasi tersebut, Anggota KPU Kota Tangsel Ade Wahyu Hidayat mengatakan, KPU RI pun kemudian mengeluarkan surat edaran No 796 per tanggal 6 Mei 2019 yang memperpanjang satu hari proses rekapitulasi pleno di tingkat Kota/Kabupaten yang belum selesai. “Iya diperbolehkan selesai H-2 sebelum pleno tingkat Provinsi selesai, atau di tanggal 8 Mei,” terang mantan asisten ombudsman ini.

Saat dimintai keterangan mengenai perolehan sementara ini, para pimpinan partai masih belum bisa memberikan banyak komentar. Pihaknya menunggu hasil akhir pleno secara keseluruhan.

Seperti yang diungkapkan oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Heri Gagarin, saat ditemui di lokasi pleno. Dia mengatakan, masih menunggu terlebih dahulu di Kecamatan Pamulang dan Pondok Aren.

“Di Ciputat kami masih kejar-kejaran dengan Gerindra. Kami masih menunggu lagi hasil akhirnya seperti apa di Pamulang juga belum tahu. Tapi yang pasti beberapa kecamatan yang sudah perolahan kursi kami cukup memuaskan,” ungkapnya.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Tangsel, Abdul Rasyid mengatakan hal serupa. Menurutnya, saat ini partai masih fokus menunggu hasil akhir pleno baru bisa memberikan komentar lebih lanjut mengenai partai.

“Secara keseluruhan memang Alhamdulillah perolehan kita partai Golkar. Tapi kalau ditanyakan lebih dalam lagi nanti saja jika seluruh data sudah keluar resmi dari KPU. Kita Tunggu saja hasilnya nanti ya. Kan plenonya jgua masih berlanjut sehari lagi,” ujarnya.

Sedangkan Sekretaris DPC Partai Gerindra, Yudi Budi Wibowo mengatakan, dari data sementara diperkirakan Gerindra antara 7 atau 8 kursi untuk DPRD Kota Tangsel. “Semoga saja dapat 8. Soalnya data dari Ciputat ini jadi penentu, dan plenonya belum selesai. Makanya kita tunggu saja terlebih dahulu hasilnya nanti seperti apa,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!