Ratusan Siswa SDIT Auliya Tangsel Raih Predikat Tahfiz Juz 30 Al Quran

Diterbitkan  Senin, 20 / 05 / 2019 21:12 - Berita Ini Sudah :  264 Dilihat

PONDOK AREN-Menanamkan rasa cinta kepada Al Quran sejak dini dengan membaca, mempelajari dan menghafalnya, menjadi salah satu program pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Auliya Jombang Ciputat Tangerang Selatan. Kemarin, Sabtu 17 Mei 2019 atau bertepatan dengan 12 Ramadan 1440 H, SDIT Auliya kembali mewisuda 116 siswa-siswi kelas 6 yang hafal Juz 30 Al Quran.

Dengan disaksikan para orang tua dan wali murid, wisudawan/wisudawati Al Quran SDIT Auliya membaca surat-surat pilihan dari Juz 30 dengan tartil.

“Ini adalah angkatan kedua, Alhamdulillah semua sudah di test dan mereka hafal semua surat di Juz 30, bahkan beberapa diantara mereka ada yang hafal Juz 29,” tutur Mujiatin, Wakil Kepala Sekolah SDIT Auliya.

Menurut Mujiatin, meski Wisuda Al Quran baru dilaksanakan 2 tahun terakhir, namun program belajar dan menghafal Al Quran sudah diberlakukan sejak SDIT Auliya ada.

“Memang wisuda seperti ini baru dilaksanakan 2 tahun belakangan. Tujuannya adalah untuk memotivasi anak-anak agar lebih giat menghafal dan mempelajari Al Quran,” imbuhnya.

Menurut Mujiatin, program pembelajaran Al Quran, selain sangat bermanfaat untuk mengasah kecerdasan anak, melalui program tersebut juga mampu menanamkan ahlak yang baik pada anak sehingga anak-anak senantiasa menjalani kesehariannya dengan prilaku yang baik.

“Anak-anak menjadi lebih sopan, tertib dan berahlaqul karimah, layaknya Al Quran berjalan,” pungkas Mujiatin.

Terkait pola pembelajaran Al Quran, Guru Pembimbing Al Quran SDIT Auliya, Ustadz Dede mengatakan bahwa metode muroja’ah dan mendengarkan bacaan Al Quran dari berbagai Qori terbaik menjadi salah satu tehnik mengajar Al Quran pada anak. “Sebelum menghafal, anak-anak kami biasakan untuk membaca terlebih dahulu surat atau ayat-ayat Al Quran yang sudah dihafalnya. Ada juga metode mendengarkan dari audio atau video agar mereka ikut termotivasi untuk lebih giat lagi dalam menghafal Al Quran,” tutup Ustadz Dede.(dem)

 

WISUDA. Prosesi wisuda Al-quran siswa-siswi SDIT Auliya, kemarin.

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!