Dishub Persiapan Mudik 2019, DPRD: Jangan Pakai Sopir Tembak


Bus-Bus AKAP Periksa Fisik

Diterbitkan  Kamis, 23 / 05 / 2019 20:32 - Berita Ini Sudah :  370 Dilihat

PAMULANG- Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan memastikan bus-bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) laik jalan. Untuk itu, pihaknya melakukan pemeriksaan. Demikian dalam menyambut Mudik 2019. Di terminal Pondok Cabe dan terminal bayangan kawasan Ciputat. Pemeriksaan pun sudah dicek oleh petugas ke beberapa perusahaan otobus (PO).

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Tangsel Aplahunajat menegaskan, pengecekan kelaikan jalan PO AKAP di Tangsel sudah dilakukan. Pengecekan untuk memastikan kendaraan laik jalan mengantarkan penumpang ke kota-kota tujuan dari Kota Tangsel.

“Program rutin yang diagendakan dalam rangka pengecekan kelengkapan kendaraan untuk menjamin keselamatan bus-bus yang berangkat dari Tangsel,” kata mantan Kabag Humas Pemkot Tangsel ini.

Kasi Pengawasan Angkutan Penumpang dan Barang, Dishub Kota Tangsel, Tata Surya menjelaskan pengecekan fisik laik jalan dilakukan oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Dilakukan baru-baru ini. Hanya saja dalam pengecekan belum secara maksimal.

“Pengecekan fisik bus sudah dilakukan dengan BPTJ di Terminal Pondok Cabe (kemarin red). Total semua yang dicek ada 11 bus. Jumlah ini belum secara keseluruhan bus-bus yang beroperasi di Terminal dicek. Sebab banyak bus yang tengah beroperasi di luar, sehingga tidak maksimal,” Tata menjelaskan.

Pada pengecekan didapati salah satu kendaraan surat-suratnya fotocopy. Sehingga, secara aturan tidak dibolehkan. Kendaraan seperti ini tidak diberikan izin untuk mengangkut penumpang. Pemerintah memastikan kendaraan-kendaraan yang melanggar dipastikan akan ditindak. Supaya tetap tertib dalam menjamin keamanan penumpang.

“Ada juga tidak laik jalan karena surat-surat fotokopi sehingga ditahan untuk tidak beroperasi. Semua angkutan lebaran harus benar-benar dalam kondisi sehat,” jelasnya.

Adapun pengecekan fisik meliputi fungsi rem, mesin, lampu jarak jauh, jarak pendek, lampu sein, wiper dan lain-lain meliputi seluruh fisik. Pengecekan laik jalan bus mudik satu prosedur dalam mekenan kemungkinan-kemungkinan bus yang sebetulnya memiliki banyak kelemahan tapi dipaksakan. Jika ini dibiarkan dampaknya merugikan penumpang.

“Termasuk juga mengecek kondisi ban. Apakah sudah gundul atau masi bagus. jika memang sudah tidak laik maka harus diganti supaya dalam perjalanan lebih nyaman dan terpenting adalah selamat,” terangnya.

Komisi IV DPRD Kota Tangsel mendorong agar Dishub Kota Tangsel, benar-benar melakukan pemeriksaan terhadap seluruh Perusahaan Oto (PO) Bus.

Pemeriksaan meliputi kondisi fisik bus serta juga sopir-sopir yang nantinya akan melakukan tugasnya harus benar-benar sopir inti dari perusahaan tersebut.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Tangsel, Sukarya, mengatakan, pemeriksaan serius tersebut ialah guna memastikan keselamatan para pemudik.

“Kami mengingatkan kembali kepada Dishub agar lakukan kembali pemeriksaan terhadap bus-bus yang dipakai untuk jalur mudik. Yang terutama itu kondisi fisik busnya dan juga kelayakan para sopirnya. Jagan sampai ada yang memakai sopir tembak nantinya,” ungkapnya saat ditemui di gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, kemarin.

Sukarya juga mengatakan, Tangsel sebagai kota urban tentunya cukup banyak masyarakat yang akan menjalakan mudik. Setiap kali Lebaran. Juga tidak sedikit yang menggunakan transportasi bus.

“Sehingga kita harus benar-benar pikirkan keselamatan warga kita pada saat perjalanan mudik mereka. Semua trasportasi yang mereka tumpangi itu harus benar-benar layak,” jelas politisi Partai Golkar ini.

Dishub pun diminta harus berani bertindak tegas. Jika ada temuan bus-bus tidak layak pakai. Namun tetap dipaksakan untuk jalan pada saat mudik nanti, harus ditindak.

“Kalau ada bus tidak layak, berhentikan saja, jangan diberi ijin lagi. Artinya kita harus tegas demi keselamatan warga kita,” pungkasnya. (din/dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!