Cirendeu Ditarget Juara Lomba Kelurahan Tingkat Kota

Diterbitkan  Jumat, 24 / 05 / 2019 19:29 - Berita Ini Sudah :  322 Dilihat

CIPUTAT TIMUR- Akhirnya rampung. Rombongan Tim Penilai lomba kelurahan tingkat Kota Tangsel meninjau kelurahan terakhir. Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur. Dilakukan, Kamis (23/5) siang.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Ciputat Timur, Widodo Hari Lusinto menyampaikan dari enam kelurahan di Ciputat Timur, Kelurahan Cirendeu yang memiliki bobot nilai tertinggi. Oleh karenanya, kelurahan ini dijadikan perwakilan dalam lomba.

“Kami membentuk tim tingkat kecamatan dengan mengeluarkan SK. Untuk menyeleksi berdasarkan penilaian dari tiga kriteria di bawah 200, di atas 200-250 dan ketiga 300-350 dan kelurahan Cirendeu tertinggi. Maka Cirendelah yang rengking satu sehingga ikut lomba tingkat kota,” kata Widodo.

Penilainnya, memang sangat kompleks sekali. Pertama, terkait kantor, program dan administrasi. Kedua, kewilayahan seni budaya, UKM dan linmas. Juga pengelolaan Situ Gintung. Ketiga, dari sisi pemberdayaan masyarakat, tentang dasa wisma posyandu, posbindu dan UP2K.

“Maka tim penilainya pun lengkap, dari kabar Pemerintahan, anggota dari Dinkes, Unsur Satpol PP, BPBD, Dinas Koperasi dan UKM. Mereka turun mengecek secara langsung,” terangnya.

Widodo menunjukan semua kelengkapan di Kelurahan Cirendeu ada. Mulai dari karang taruna, PKK dan lain-lain. Inilah partisipasi masyarakat disambut kendang pencak. “Targetnya kami optimis mudah-mudahan mewakili tingkat Kota Tangsel dan mewakili provinsi untuk tingkat nasional. Alhamdulillah kelurahan Cirendeu paling lengkap,” ia merinci.

Lomba ini dalam rangka pembinaan sesuai dengan Permendagri 81 tahun 215 tentang evaluasi perkembangan kelurahan. Setiap kelurahan wajib mengisi formulir. Di antaranya Ciputat Timur ada 6 kelurahan sudah mengisi atau disebut evaluasi diri.

Lurahan Cirendeu, Ciputat Timur, Win Fadlianta menuturkan ada dua hal yang menonjol di Kelurahan Cirende, pertama pengelolaan kawasan Situ Guntung menjadi tempat destinasti wisata. Kedua soal pengurusan Surat Keterangan Domisi Usaha (SKDU) secara online.

“Segala yang berkaitan dengan perlombaan telah dipersiapakan dengan matang. Mudah-udahan apa yang telah diupayakan maksimal dapat memperoleh juara pertama sehingga dapat ke tingkat provinsi,” harap Win.

Dalam perlombaan ini seluruh unsur turut diikut sertakan seperti para RT/RW dan karang taruna. PKK, Forum RW Kelurahan Cirendeu. Serta bank sampah yang ada di Cirendeu dan komponen masyarakat lain. para tim juri, mereka menilai dengan cermat, mulai dari dokumentasi dari masing-masing bidang. Misalnya PKK, atau Bank Sampah. Harus menujukan dokumentasi seperti foto atau penghargaan yang diraih. Ini untuk nilai tambah bagi tim penilai.

Salah satu juri dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Tangsel, Bidang Perlindungan Perempuan dan anak, Irma. Dirinya menilai kelurahan ini apakah sudah memenuhi indikator kelurahan layak anak. Apakah ada tempat bermain anak, profile anak, hingga kegiatan berkaitan dengan anak. “Ini sudah cukup memenuhi tinggal dilengkapi dengan data-data dan dokumentasi,” kata Irma. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!