Stok Kantong Darah Aman Sampai H+7

Diterbitkan  Jumat, 24 / 05 / 2019 19:29 - Berita Ini Sudah :  302 Dilihat

ILUSTRASI (NET)

SERPONG- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan memastikan stok kantong darah. Meski pendonor selama Ramadan ini jauh berkurang dari bulan sebelumnya, stok kantong darahnya cukup. Bahkan sampai H+ 7 lebaran.

Oleh karenanya, bagi masyarakat tidak perlu khawatir. Untuk stok kantong darah selama Ramadan ini tersedia.

Kepala Unit Donor Darah PMI KotaTangsel, Suhara Manullang, menyebutkan, masih cukupnya stok darah tersebut. Memang selama Ramadan ini, pasien membutuhkan darah atau butuh pendonor jauh lebih sedikit dari sebelumnya.

“Ada, kelihatan memang kecendrungan pasien memang berkurang ya selama Ramadan ini. Meski pun pendonornya menurun juga. Jadi penyimpangan kita tetap seimbang dan stoknya sampai beberapa hari lebaran nanti tetap aman,” ujar Suhara.

Jika dihitung, sisa waktu Ramadan 15 hari plus 7 hari Lebaran, maka kebutuhan darah mencapai 1.100 kantong.

Saat ini, PMI Tangsel memiliki stok 600 kantong. Diperkirakan mobil unit darah bisa mendapat 300 kantong darah. Jumlah tersebut pun dinilai sudah sangat memenuhi kebutuhan darah. Stok darah sampai batas waktu yang telah ditentukan PMI.

“Plus ditambah 10 orang yang datang per hari ke kantor PMI untuk donor darah. Kan ditambah 220 berarti, jadi total 1.120 kantong, cukup untuk sampai H+7,” ujar pria yang pernah menjabat Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangsel ini.

Meski begitu, PMI Tangsel tetap berkonsentrasi untuk menyediakan stok darah yang mencukupi, terutama saat bulan Ramadan hingga Lebaran. Bahkan beberapa kegiatan donor darah pun tetap dilakukan meski pun pendonor tidak sebanyak pada bulan sebelumnya.

“Kita tetap melakukan donor darah di beberapa tempat. Meski pun hasilnya tidak begitu banyak seperti pada bulan sebelumnya. Kerena memang kecendrungannya selama Ramadan itu sepi pendonor,” ujarnya.

Suhara mengatakan, PMI Tangsel setiap harinya mengeluarkan 50 kantong darah untuk 18 rumah sakit yang bekerja sama dengan PMI Tangsel dan rumah sakit lainnya.

Suhara menargetkan stok darah aman sampai H+7 Lebaran, mengingat jangka waktu itu, masyarakat diperkirakan akan berkegiatan seperti biasa. (dra)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!