Diskominfo dan Disdukcapil Bantu Dindikbud


Persiapan PPDB Sudah Matang

Diterbitkan  Senin, 10 / 06 / 2019 21:49 - Berita Ini Sudah :  204 Dilihat

SERPONG UTARA-Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany berharap Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Kendati harapan itu sepertinya tidak mungkin mengingat jumlah kelas yang tersedia lebih sedikit dari jumlah kelulusan.
Tentu Airin memahami betul, bagaimana kroditnya pelaksanaan PPDB yang setiap tahun dilakukan. berbagai upaya untuk mengantisipasi telah dilakukan Pemkot Tangsel, melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, bekerjasama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika berkaitan dengan server jaringan serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
“Seharusnya sudah selesai, Perwal sudah saya tanda tangan, Kepwal sudah saya tandatangan. Kemarin simulasi online sudah dilakukan mudah-mudahan tidak ada apa-apa. Walaupun saya punya harapan. Tapi tetap saja kan kursinya lebih sedikit dibanding peminatnya,” pesan Airin.
Tentu belajar dari tahun-tahun sebelumnya Pemkot Tangsel berupaya kerja keras dalam memperbaiki problem-problem sehingga jika terjadi kendala dapat diatasi dengan cepat. Kendati secara fakta di lapangan jumlah lulusan sekolah dasar tidak akan sebanding dengan ruang kursi yang tersedia di sekolah SMP.
“Mudah-mudahan walaupun ada masalah tidak seperti yang lalu. Mudaha-mudahan saja itu harapan saya.akan tetapi tidak mungkin menerima semuanya karena secara kuota tidak sebanyak atau sebanding dengan lulusan dari SD,” tambah ia.
Bahkan, supaya lebih mempercepat penanganan apabila terjadi trabel pada jaringan server, Pemkot Tangsel melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) dapat mengatasinya. Mengapa demikian berbeda dengan tahun sebelumnya. karena apikasi dibuat oleh sendiri. berbeda dengan sebelumnya yang menggunakan pihak ketiga sehingga harus ditangani oleh pihak ketiga.
“Server seharusnya sudah bisa diantisipasi oleh Kominfo. Hal ini melibatkan Kominfo dan Dinas Kependudukdan dan Catatan Sipil juga secara aplikasi dibuat oleh kominfo sendiri sehingga tidak tergantung dengan konsultan dengan tahun-tahun yang lalu. Dukcapil berkaitan dengan NIK tapi leading sektor Dindikbud dan dinas lain sifanya hanya mensuport saja,” bebernya.
Sosialisasi 2 Mei-22 Juni, ujicoba website PPDB 20 Maret-20 Juni , masa pendaftaran 24-25 Juni meliputi jalur luar zonasi, jalur prestasi, jalur perpindahan orangtua dan peserta didik dari luar kota Tangsel. Pendaftaran jalur zonasi jarak 26-27 Juni secara online, penumuman jalur zoona jarak 29 Juni. Pendaftaran PPDB selain jalur jarak 3-5 Juli, pengumuman PPDB selain jalur jarak 8 Juli dan daftar ulang 9-11 Juli. Adapun hari pertama masuk sekolah 15 Juli tahun pelajaran 2019/2020.(din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!