Pendatang Baru di Tangsel Diprediksikan Naik

Diterbitkan  Selasa, 11 / 06 / 2019 21:38 - Berita Ini Sudah :  156 Dilihat

 

SERPONG-Pemerintah Kota Tangsel memprediksikan kenaikan jumlah urbanisasi pasca lebaran 1440 hijriah.

“Tahun ini diprediksi jumlah warga pendatang mengalami kenaikan hingga 2000 orang,” kata Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, Selasa (11/6).

Menurutnya, usai musim libur Lebaran 2018 lalu warga pindah datang ke Tangsel sebanyak 6000 orang. Sedangkan tahun ini diprediksi mencapai 8000 orang.

Mantan Kepala Bappeda ini berharap warga yang datang ke Tangsel tidak hanya berorientasi mencari kerja saja, namun mereka bisa membuka lapangan pekerjaan di Tangsel.

Diakuinya jika banyak warga pendatang lebih memilih bermukim di Kota Tangsel tapi bekerja di Jakarta.

“Kita berharap mereka yang tinggal di Tangsel memiliki keahlian,” ujar Bang Ben, sapaan Benyamin Davnie.

Kepala Disdukcapil Tangsel, Dedi Budiawan mengatakan, bahwa ketentuan perpindahan penduduk merupakan hak setiap Warga Negara dan dalam prakteknya sudah di  lakukan pengaturan teknis tentang perpindahan penduduk serta dilakukan juga  pendataan bagi penduduk non permanen tersebut, sehingga akan menjadi tolok ukur dalam menentukan kebijakan daerah terhadap dampak yang ditimbulkan akibat  arus urban.

“Kita memprediksikan tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, kenaikan pun hanya 0.1 persen, “ungkapnya.

Kenaikan ini terjadi karena adanya dorongan atau daya tarik tangsel seperti pertumbuhan perekonomian, infrastruktur, dan fasilitas pendukung di Tangsel cukup pesat, misalnya pengembangan kawasan niaga terpadu, cluster perumahan,  perkantoran dan perumahan bertingkat

Dengan meningkatnya arus urban, maka sinergitas antara Pemkot dan peran swasta dalam pengembangan serta pemenuhan fasilitas layanan publik perlu ditingkatkan, seluruh stakeholder harus bergerak maju dan beriringan langkah utk mewujudkan hal tersebut, jangan ada satupun upaya dari elemen masyarakat yg ingin menghambat pemenuhan layanan/fasilitas publik. “Pertumbuhan pendudukan setiap tahun paska lebaran tidak terlalu melonjak tajam,”singkatnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!