Tugas Damkar dari Pemadan Api Sampai Ambil Ponsel di Got

Diterbitkan  Selasa, 11 / 06 / 2019 22:11 - Berita Ini Sudah :  122 Dilihat


SERPONG UTARA – Lika-Liku menjadi petugas yang bertugas di Dinas Pemadam Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel sejak ada peningkatan status dari kantor menjadi dinas pada awal 2018 lalu. Beban kerja makin berat dan cakupanya menjadi luas karena harus melakukan penyelematan bukan saja pemadaman semata.
Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi menjelaskan tugas tim selain memadamkan kebakaran melakukan penyelamatan. Penyelamatan yang dimaksud hampir di semua bidang terkait pengaduan masyarakat. Meliputi pohon tumbang, sarang tawon, hanyut di sungai, orang kejebur sumur dan lain-lain.
“Semua itu menjadi tugas kami dalam melayani masyarakat Tangsel. Kami sering mendapatkan laporan untuk evakuasi sarang tawon, atau pohon tumbang. Intinya bekaitan dengan penyelamatan personel akan turun,” katanya.
Sering dengan naiknya status menjadi dinas, maka standar personel pun dilengkapi selain kemampaun juga peralatan. Dua hal yang menjadi kesinambungan dalam menjalankan misi penyelamatan harus seirama. Tujuanya supaya misi penyelamatan berhasil. Sehingga masyarakat akan merasa terbantu dengan hadirnya petugas dari rescue Damkar.
“Misalnya beberapa waktu lalu ada anak yang hanyut di daerah Pondok Cabe tim dari kami ikut tergabung dalam pencarian bersama dari BPBD. Jika ada pohon tumbang saat hujan lebat tim juga turun dengan membawa peralatan potong pohon,” tambah ia.
Komandan Rescue Damkar Tangsel, Ilham Faturohman, menceritakan, pihaknya pernah diminta untuk menangkap burung yang lepas saat pameran. Pameran itu berada di dalam gedung ICE BSD, Pagedangan, Kabupaten Tangerang. “Pernah diminta nangkap burung di atap ICE kan tinggi tuh. Harga burungnya puluhan atau ratusan juta. Pas itu lagi pameran,” Ilham menceritakan.
Saat itu timnya mengerahkan mobil yang dilengkapi tangga tinggi sehingga bisa meraih burung tersebut. Penyelamatan sudah sering digarap tim rescue, dari mulai kucing yang terperangkap di atas pohon sampai kelinci yang terjebak di lobang kecil. Ilham bahkan pernah mendapat telepon dari warga untuk membantunya mengambil ponsel yang jatuh masuk ke got. Got tertutup sehingga sulit untuk menjangkau dengan tangan kosong. “Ada malah pernah disuruh ngambil HP di got,” kelakarnya.
Saat itu ia mengatakan ponsel yang diambil tidak seberapa mahal namun bagi si pemilik, data di dalamnya sangat penting. “Dia kan penting datanya,” tambah ia.
Termasuk beberapa waktu lalu mengevakuasi ular di atas loteng daerah Kedaung Pamulang. pada saat bersamaan melakukan evakuasi hewan yang terjebur di belakang Pasar Ciputat terperosok ke semak-semak. Petugas dengan sabar berhasil mengevakuasi di dua titik. Patut diapresiasi tim penyelamatan dari Damkar Tangsel ini.
Mengasah kemampuan, Tim Rescue Damkar setiap tahunya mengikuti perlombaan tingkat nasional. beberapa bulan lalu berlasung di Pekanbaru Riau. Tahun sebelumnya di Ambon. Ajang lomba ini bertujuan untuk mengasah kepekaan, kemampuan lapangan, kecepatan dan ketepatan dalam melakukan pertolongan. Seperti mengevakuasi orang di atas ketinggian gedung saat terbakar. (din).

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!