Lima Kegiatan Pakai Dana Kelurahan Pamulang Barat

Diterbitkan  Jumat, 14 / 06 / 2019 22:45 - Berita Ini Sudah :  149 Dilihat

PAMULANG-Dana kelurahan telah berjalan. Secara merata telah dilakukan di masing-masing kelurahan. Di wilayah Tangsel. Termasuk, Kelurahan Pamulang Barat, Kecamatan Pamulang.

Dalam menjalankan Dana Kelurahan, Pamulang Barat membuat pelatihan bidang kesehatan. Diikuti oleh masyarakat. Bakal diselenggarakan waktu dekat.

“Dalam waktu dekat ini akan diadakan kembali pelatihan melalui dana kelurahan. Pelatihan dalam waktu dekat ini pada bidang kesehatan,” tutur Lurah Pamulang Barat Kecamatan Pamulang, Supriyadi.

Disebutkan mantan Kasi Kesos, Kecamatan Pamulang ini, hadirnya program dana kelurahan dampaknya dapat dirasakan masyarakat. Tentu dirinya pun meminta kepada seluruh elemen masyarakat turut mensukseskan program ini. Caranya dengan kepedulian ikut mengawasi.

“Transparansi betul-betul dijaga dengan masyarakat. Dengan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) kemudian RT/RW dan Karangtaruna dan PKK yang mana semuanya adalah untuk pemberdayaan masyarakat,” tukas pria yang gemar bersedekah ini.

Selain memberikan dampak positif kepada masyarakat, juga memberikan hal yang sama bagi sumber daya manusia di lingkungan kelurahan. Mengapa? Karena mereka akhirnya mengetahui tentang anggaran dan lain-lain kendati masih menginduk ke Kecamatan dikarenakan anggaranya ada di kecamatan.

“Karena kelurahan bukan OPD maka anggaran masih menginduk ke kecamatan. Yang pasti lingkungan kelurahan memperoleh ilmu yang sangat bermanfaat sehingga akan menjadi pengalaman dalam menggunakan aggaran untuk kegiatan kepada masyarakat,” jelasnya.

Sekretaris Kelurahan Pamulang Barat, Edy sekaligus Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) kegiatan dana kelurahan ini menyampaikan, kedudukan Sekel menjadi PPTK semua kegiatan sebagaimana yang yang diprogram dari Pemkot Tangsel. Adapun untuk Lurah selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan Camat sebagai Pengguna Anggaran (PA).

“Kali pertama program  dana kelurahan di tahun ini totalnya ada lima kegiatan pembinaan. Pembinaan yang pertama kami lakukan tentang  trantibmas, yang berlokasi di Sport Center, Villa Dago,” jelasnya.

Jumlah peserta mencapai 161 orang. Digelar pada April lalu. Para peserta diberikan materi tentang peran dan tugas dalam menjaga keamanan dan lingkungan sekitar. Bulan depan akan ada dua kegiatan lagi yakni pemberdayaan seni budaya lokal, dan penanggulangan bencana dan penanganan kebakaran.

“Bagi kami tepat sasaran yang mana keinginan ke depan dapat mencakup berbagai aspek kepemudan, aspek kesehatan, penanggulangan bencana. Sehingga, tatanan di masyarakat memiliki pengalaman dan keahlian pada bidang masing-masing. Masyarakat memiliki bekal ilmu yang dimiliki,”pungkasnya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!