pake ikon Pilkada 2020


Tokoh Perempuan Ramaikan Bursa Pilkada

Diterbitkan  Jumat, 14 / 06 / 2019 22:45 - Berita Ini Sudah :  158 Dilihat

SERPONG- Tokoh perempuan memiliki daya tarik tersendiri dalam Pilkada. Termasuk di Kota Tangsel. Selalu saja mengemuka. Meramaikan bursa bakal calon walikota-wakil walikota. Pada beberapa kali hajatan lima tahunan tersebut digelar.

Pada Pilkada 2020 ini juga sudah berseliweran tokoh perempuan. Banyak diperbincangkan. Meski akhirnya nanti belum tentu maju sebagai kandidat pada Pilkada Kota Tangsel.

Beberapa nama yang mulai banyak diperbincangan diantara Anggota DPD RI Andiara Aprilia Hikmat, Ketua DPC Gerindra Kota Tangsel Li Claudia Chandra, dan putri Calon Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin yaitu Siti Nur Azizah. Belakangan mencuat nama Ketua Fraksi PKS DRPD Kota Tangsel, Siti Chadijah. Setidaknya dari internal partainya.  .

Jika nanti benar para tokoh perempuan itu maju dalam peraturan Pilkada Tangsel akan membuat kontestasi politik jauh lebih dinamis. Memunculkan banyak pilihan bagi masyarakat Tangsel.

Melihat fenomea dalam setiap Pilkada Tangsel selalu muncul kandidat perempuan, pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidyatullah Jakarta, M Zaki Mubarak mengatakan, memang sepertinya masyarakat Tangsel selalu memiliki daya tarik sendiri terhadap calon pemimpin dari perempuan.

Sehingga, menurutnya, sangat wajar jika dalam perhelatan Pilkada Tangsel sendiri, partai politik selalu berupaya memunculkan calonnya. Pasangan tokoh laki-laki dengan tokoh perempuan.

“Kita lihat saja pada Pilkada 2015 lalu, dimana ada tiga pasang dan seluruh pasang ini dengan format lengkap yaitu tokoh laki-laki dan perempuan. Ini membuat kontestasi politik semakin menarik, dan juga masyarakat merasa mendapatkan pilihan yang tepat,” ungkapnya.

Dengan semakin banyaknya tokoh-tokoh perempuan yang muncul, Pilkada Tangsel akan semakin menarik. Dikarenakan banyak pula pilihan masyarakat Kota Tangsel untuk mencari sosok yang menurut mereka terbaik.

“Tinggal bagaimana nanti masyarakat yang akan menyeleksinya melalui proses Pilkada. Dan juga yang terpenting bagaimana para tokoh ini jika maju nanti mampu menawarkan visi, misi, dan program yang nyata dan bermanfaat bagi rakyat,” ungkapnya.

Mengenai namanya disebut-sebut kembali pada Pilkada Kota Tangsel,  Li Claudia mengaku saat ini masih tengah disibukan persoalan Pemilu 2019. Dirinya pun menyerahkan seluruhnya kepada partai untuk urusan Pilkada 2020.

“Saat ini kita masih disibukan dengan Pemilu 2019. Dan untuk Pilkada nanti mungkin setelah Agustus baru Gerindra akan mulai fokus di Pilkada. Tapi persoalan saya akan maju lagi atau tidak, saya akan mengikuti apa pun nanti intruksi dari partai,” ungkapnya.

Sebelumnya, Siti Chadijah telah mempersiapkan diri untuk maju di Pilkada Kota Tangsel. “Doakan saja, ini ikhtiar saya untuk mengemban amanah yang lebih besar,” ungkapnya.

Dia juga mengatakan, untuk koalisi nanti, tentunya PKS akan memilih koalisi yang benar-benar solid. “Meski pun nanti berdasarkan kesepakatan bersama kami dari PKS menjadi Calon Wakil Walikotanya. Tetapi kami akan tetap memajukan kader internal kami,” pungkasnya. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!