Ribuan Orang Dapat Mengakses Secara Bersamaan


Server PPDB SMP Diuji

Diterbitkan  Jumat, 21 / 06 / 2019 22:42 - Berita Ini Sudah :  238 Dilihat

 

CIPUTAT- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang SMP sebentar lagi digelar. Termasuk di Kota Tangsel. Dilaksanakan pada 24 Juni 2019 . Terkait itu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel masih menjalani masa uji coba sistem server PPDB yang kedua, Kamis (20/6).

Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono menyampaikan, sebelum pelaksaan uji coba server PPDB, diadakan rapat bersama Walikota Airin Rachmi Diany. Rapat untuk membahas kesiapan PPDB jenjang SMP. Dalam pertemuan tersebut, ada dua poin atau hasil.

“Hasil rapat bersama Bu Wali semua sudah final. Pertama dari sisi regulasi dicek lagi, jangan sampai ada regulasi yang bertentangan dengan regulasi yang lain, terutama adalah dari aturan yang diatas Permendikbud Nomor 51 tahun 2019,” tutur Taryono.

Hasil kedua, lebih pada pemetaan tentang kondisi server yang memungkinkan dapat diakses oleh ribuan orang pendaftar sudah siap. Termasuk keterkaitan dengan dinas lain seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sopil (Disdukcapil) yang mena ada kesinambungan keduanya.

“Kedua dari sitem, bagaimana dengan sistem aplikasinya, bagaimana dengan servernya dan Alhamdulillah semuanya oke. Yang data bagaimana terkait dengan data, kan kartu keluarga, peran Disdukcapil ada juga,” tambahnya.

Taryono sempat menyentil bahwa persyaratan PPDB jenjang SMP di Tangsel tidak perlu menggunakan legalisir Kartu Keluarga (KK). Seperti yang ramai terjadi saat PPDB SMA berlangsung se Banten.

“Jadi kalau di Tangsel, SMP tidak perlu ada legalisir Kartu Keluarga. Sudah masuk sistem akan ketauan kalau memang itu KK palsu atau KK lama yang belum diupdate,” paparnya.

Dirinya  berharap, pelaksanaan PPDB jenjang SMP di Tangsel bisa terlaksana dengan lancar. Tanpa ada hambatan. Sebelumnya, uji coba server PPDB telah dilaksanakan oleh Dindikbud bersama dengan Kominfo Tangsel pada 27 Mei lalu.

Mulai Senin (24-26/6) ini mulai pukul 08.00-15.00 WIB, seluruh SMPN di Tangsel dibuka untuk menerima pemberkasan persyaratan masuk. Pada 3-5 Juli nanti pendaftaran online. Adapun komposisi penerimaan siswa didik tahun 2019/2020 melalui PPDB yaitu jalur perpindahan orangtua dan luar Tangsel sebesar 5 persen.

Jalur prestasi luas zona 5 persen. Jalur dalam zonasi 5 persen. Jalur keluarga tidak mampu, disabilitas dan aparatur negara 10 persen. Jalur zonasi prestasi akademik 45 persen. Jalur zonasi jarak 30 persen. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!