PPDB SMP Hari Pertama Berjalan Mulus

Diterbitkan  Selasa, 25 / 06 / 2019 19:36 - Berita Ini Sudah :  183 Dilihat

PPDB SMP HARI PERTAMA: Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan Taryono terlihat berbincang dengan orang tua siswa yang ingin mendaftarkan anaknya di hari pertama Penerimaan Peserta Didik baru (PPDB) di SMPN 4 Tangerang Selatan, Pamulang, Senin (24/6). Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Tangerang Selatan berlangsung lancar.

PAMULANG – Hari pertama. Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara serempak di 21 SMPN se-Tangsel, mulus. Tidak ada kendala berarti. Sedangkan untuk memastikannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Tangsel, Taryono meninjau SMPN 4 Tangsel. Kondisinya memang lancar.

Mulusnya PPDB tak serta merta dari pantauan di lapangan, tapi juga dirasakan orang tua murid. Salah satunya, Neli. Ia menyampaikan, PPDB hari pertama berjalan lancar tanpa ada kurang satu apapun. Wanita berambut sebahu itu, menyebutkan, kiranya lebih bagus dari tahun sebelumnya. Tangsel tahun lalu menjadi perbincangan, karena banyak kendala. Dirinya mengaku senang, karena lebih lancar. Tidak membutuhkan waktu lama.

“Penerimaan tahun ini dapat berjalan dengan baik, rapih dan lancar  dari pagi hari,” saat mengantri menunggu penyerahan berkas.

Demikian juga disampaikan Ketua RW 12 Pamulang Permai. Di lingkungan SMPN 4 Tangsel. Disebutkannya, tahun ini lebih cepat. Buktinya baru pukul 10.00 WIB sudah masuk antrean tiga ratus. Ini menandakan prosesnya cukup mulus.

Usai meninjau secara langsung dan menanyakan kepada para orangtua murid, Kepala Dindikbud Kota Tangsel Taryono menyampaikan bahwa kerja keras untuk memperbaiki sistem telah dilakukan sejak lama. Hal ini berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya yang cukup krodit. Oleh sebab itu, diharapkan tahun ini lebih baik lagi.

“Ini hari pertama penyerahan bekas mulai (24-27/6). Mudah-mudahan penerimaan PPDB tahun ini lebih baik lagi. Kami bekerjasama dengan Diskominfo dan Disdukcapil untuk kelancaran proses penerimaan siswa,” kata mantan Sekretaris Dishubkominfo Tangsel ini.

Setidaknya, lulusan setingkat SD/MI sederajat di tahun ini, mencapai 23 ribu orang. Berdasarkan perbandingan pada tahun lalu, jumlah yang diterima di SMPN se-Tangsel mencapai 11 ribu siswa. Sementara saat ini sudah ada 11 ribu siswa telah mendaftarkan ke sekolah swasta. Artinya masih sisa 12 ribu lagi.

“Jadi ada 12 ribu yang belum masuk. Namun kami dinas sudah merekomendasikan keluar daerah sebanyak 5 ribu atau dengan kata lain lulusan SD/MI di Tangsel sudah ditampung di sekolah swasta dan lain-lain. Adapun daya tampung saat ini di SMPN Tangsel saat ini sebanyak 7 ribu di dua puluh satu sekolah,” jelas Taryono.

Kepala  SMPN 4 Tangsel Rita Juwita usai mendampingi Kepala Dindikbud bersyukur atas kelancaran proses penerimaan PPDB hari pertama melalui penyerahan berkas untuk diverifikasi. Semoga proses ini berjalan lancar hingga selesai nanti.

“Alhamdulillah dari mulai pengambilan nomor hingga registrasi berjalan lancar dan sistem online lancar tidak ada kendala, makanya jam 10 sudah 300 dan hari ini sekitaran 500 ratusan padahal waktunya sampai jam 15.00 WIB,” katanya.

Ini tak lepas dari para panitia PPDB. Dengan membuka loket cukup banyak. Juga, sebagai langkah keseriusan menerima para pendaftar. Tidak mengantri terlalu lama. Oleh sebab itu, pihak sekolah menyiapkan tim panitia secara maksimal.

“Petugas  yang berjaga  ada 10 orang. Diperkirakan satu orang tiga menit paling lama. Puncaknya bisa saja hari ini (kemarin) atau besok (hari ini) menjadi puncak para orangtua murid datang ke sekolah . Karena mungkin saja ada orangtua yang datang hanya melihat dulu alurnya seperti apa. Kemudian berkas-berkasnya apa yang diserahkan. Sehingga, mereka harus kembali di hari berikutnya. Adapun daya tampung di SMPN 4 Tangsel sebanyak 283 kuota, dibagi pada 9 kelas dengan satu kelas sebanyak 32 siswa,” beber wanita yang juga Ketua KONI Tangsel ini. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!