Ribuan Warga Pamulang Rela Antre Buat KIA Sejak Subuh

Diterbitkan  Rabu, 26 / 06 / 2019 21:11 - Berita Ini Sudah :  193 Dilihat


PELAYANAN. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel membuka pelayanan KIA di Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel. Dalam pelayanan tersebut ribuan warga rela mengantre membuat KIA.

PAMULANG – Ribuan warga rela antre membuat Kartu Identitas Anak (KIA) di Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu (26/6).

Namun dari ribuan warga tersebut tidak semua bisa mendapatkan KIA, dikarenakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel hanya menyiapkan kuota sebanyak 500 warga.

Meski Disdukcapil hanya menyiapkan kuota 500, sebagian besar rela antrie sejak subuh di kantor Kecamatan Pamulang, Jalan Siliwangi, Pamulang, Tangsel.

Sopia, warga Kedaung, Kecamatan Pamulang rela antre mendapatkan KIA untuk ketiga anaknya. “Saya bikin untuk anak saya masuk sekolah, dan bisa dapat diskon dimana-mana,”ungkapnya.

Pria berusia 35 tahun tersebut antre dari Pukul 05.30 WIB. “Habis solat subuh saya datang untuk membuat KIA,” katanya.

Warga lainnya ialah Turmahun (43) yang merupakan warga Jalan Pinang, Pamulang Timur. Sejak pukul 06.00 WIB dirinya telah datang ke lokasi untuk mengambil nomor antrean. “Jam 6 saja sudah dapat nomor antrean 449,” ucapnya.

Namun, hingga pukul 13.30 WIB, dirinya belum mendapatkan gilirannya untuk masuk ke ruangan pendataan. “Sekarang baru antrean ke 401 sampai 420,” tambahnya.

Turhamun mengungkapkan, bahwa dirinya rela mengantre seperti ini, demi mendapatkan KIA untuk buah hatinya.

“Soalnya, ini hanya ada hari ini saja, setelah ini harus mengurus normal ke Disdukcapil atau ke Alam Sutra,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel Dedi Budiawan menjelaskan, bahwa program layanan keliling ini sebagai cara pihaknya untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat Tangsel.

“Mendekatkan pelayanan kepada masyarakat yang tak bisa mengakses secara online, bisa buat dipelayanan keliling,” kata Budiawan.

Budiawan menyebut bahwa program pelayanan keliling ini juga akan dilakukannya di setiap Kecamatan yang ada di Tangsel.  “Akan dilaksanakan setiap tahunnya,” katanya.

Sedangkan untuk yang tidak mendapatkan kuota pembuatan KIA pada hari ini,(Rabu-red) Budiawan menjelaskan bahwa masyarakat dapat membuatnya dengan mendaftar secara online dan mendatangi Kantor Disdukcapil atau Living World, Alam Sutra.

“Mohon maaf untuk kuota kita sediakan 500, namun yang belum dapat bisa ke Liwo dan Dinas karena masing-masing memiliki kuota sebanyak 100. Dengan dua lokasi itu, menjadi lokasi 200. (Pelayanan) ini dibuka setiap hari,” terangnya.(irm)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!