Komisi II DPRD Ingatkan Proses PPDB Transparan


Server Lancar, Dindikbud Puji Diskominfo

Diterbitkan  Rabu, 26 / 06 / 2019 18:52 - Berita Ini Sudah :  206 Dilihat

 

CIPUTAT – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) mengapresiasi Dinas Komunikasi dan Infromatika (Diskominfo). Server Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMPN besutan Diskominfo berjalan baik. Sejak hari pertama hingga kedua lancar. Tanpa ada hambatan.

Kepala Dindikbud Tangsel, Taryono menjelaskan, berdasarkan pantuan pelaksanaan penyerahan berkas sebelum pendaftaran online pada hari kedua Selasa (25/6). Meski baru penyerahan berkas, ini sudah melalui online. Untuk mengakses data-data pendaftar dan nomor registrasi.

“Saya sudah melihat secara langsung bagaimana kesiapan Diskominfo untuk membackup PPDB dari sisi aplikasi dan servernya berlokasi di lantai tujuh. Sejauh ini pemakaian server sangat rendah belum ada satu persen, Insya Allah ke depannya akan aman,” tutur Taryono.

Ini tak terlepas dari kesiapan Diskominfo secara matang. Tujuannya agar tidak mengalami hal yang cukup sulit seperti tahun sebelumnya. Jangan sampai mengulangi kejadian tahun sebelumnya. Saat itu servernya tak mampu menampung, sehingga tidak dapat diakses.

“Yang kedua kami berterima kasih sudah dipersiapkan dengan baik. Terbukti hari ini, yang meregistrasi verifikasi data sudah ada 9.310. Diprediksi akan ada 11 ribu sampai 12 ribu yang akan verifikasi registrasi data,” ujar mantan Sekretaris Dishubkominfo Tangsel ini.

Rabu (26/6) pukul 00.00 WIB, dimulainya pendaftaran. Masyarakat yang ingin mendaftar harus segera melakukan registrasi data ke masing-masing sekolah dituju.

“Besok mulai pendaftaran dan Diskominfo Tangsel sudah siap begadang jika terjadi ada pendaftaran di awal yang menumpuk pukul 00.00 WIB. Nanti malam saya juga akan memantau langsung di Diskominfo,” tutur Taryono.

Kepala Bidang Pengelolaan Teknologi Informasi, Komunikasi dan Persandian (Diskominfo) Tangsel, TB  Asep Nurdin, menyebutkan, dalam pantuan server PPDB, Diskominfo akan mengerahkan 41 personil guna memantau server serta jaringan di kantor mulai dari Rabu (26/6) pukul 00.00 WIB.

“Personil Kominfo ada 41 orang yang jaga server. Kita siapkan 2 monitor untuk mantau server dan jaringan di kantor. Tim akan pantau terus sampai dengan selesai,” ucapnya.

Ke-41 personil Diskominfo Tangsel nantinya akan mengisi tiap-tiap keahliannya masing-masing seperti tenaga jaringan, keamanan menangani adanya serangan hacker, operator aplikasi, programer dan staf kominfo.

Dalam pelaksanaan PDDB SMP kali ini, Diskominfo Tangsel sudah menyiapkan empat server dengan kapasitas besar yang dapat menampung puluhan ribu pendaftar.

“Kita sudah menyiapkan infrastruktur baik server utama maupun backupnya. Server merk Nutanix dengan tipe NX-1465-G6 ada 4 server dengan konsep load balancer. 1 server kapasitas 32 TB dengan per note 8 TB,” jelas Asep.

Komisi II DPRD Kota Tangsel mengingatkan kepada Dindidkbud Kota Tangsel agar semua proses PPDB berjalan dengan transparan. Sehingga, prosesnya ini berjalan dengan baik.

Anggota Komisi II DPRD Kota Tangsel, Ledy MP Butar Butar mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat dengan Dindikbud Kota Tangsel, beberapa waktu lalu, di gedung DPRD Kota Tangsel, Setu.

Dari rapat tersebut, Ledy mengatakan yang paling ditekenkan ialah soal transparansi. Dia memberi contoh terkait soal zonasi jarak. Menurutnya, harus benar-benar transparan. Para murid yang diterima tersebut benar-benar sesuai dengan zonasi dan aturan.

“Kami khawatir nanti terjadi keributan seperti tahun lalu, dimana adanya kelebihan pendaftaran murid. Dan yang tidak diterima walimuridnya merasa kecewa. Jadi di sini kami minta transparansinya agar ketika adda wali murid yang protes semuanya bisa terlihat alasan anaknya tidak diterima dan lainnya, sehingga mampu meminimalisir keributan di lapangan,” ungkapnya saat ditemui di Gedung DPRD Kota Tangsel, Setu, kemarin.

Selain itu, sinergi Dindikbud Kota Tangsel dengan OPD terkait juga jadi pembahasan. Ini harus berjalan dengan sangat maksimal.

Sekretaris Komisi II DPRD Kota Tangsel Made Laksmi Pusparini menyatakan pihaknya terus menerus menekan kepada Dindikbud agar kualitas PPDB tahun ini jauh lebih baik. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Dindikbud Kota Tangsel sudah berjanji akan memperbaiki kualitasnya, itu yang terus kami tekan dan kami kejar dengan berkali-kali mengundang rapat dinas terkait. Jadi mereka harus mampu membuktikan peningkatan kualitas PPDB tahun ini,” pungkasnya. (din/dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!