1.023 Calon Jamaah Haji Jalani Manasik

Diterbitkan  Senin, 01 / 07 / 2019 18:46 - Berita Ini Sudah :  307 Dilihat

 

SEREPONG-Jelang keberangkatan musim haji 2019, Sabtu-Minggu (29-30/5) dilakukan bimbingan Manasik Haji Tingkat Kota Tangsel. Manasik digelar Kemenag Kota Tangsel. Berlangsung di Aula MAN Insan Cendekia, Serpong.

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie dan Kepala Kantor Kemenag Tangsel H. Abdul Rojak hadir. Juga, tampak Kasubag TU Kemenag H. Nurhasan, Kasi Haji H. Ade Syihabudin di tengah para calon jamaah haji Tangsel.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel yang juga sebagai Kepala Staf Haji Tangsel mengatakan, setelah melalui tahapan pembinaan pada tingkat kecamatan di masing-masing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), maka kini saatnya mengadakan Manasik Haji tingkat Kota. Seluruh calon jamaah haji dari KBIH berkumpul menjadi satu. Sebelumnya, delapan kali manasik pada tingkat kecamatan dilalui.

Jumlah calon jamaah haji Tangsel 2019 ini berjumlah 1.023 orang. Dengan rincian, laki-laki 465 orang dan perempuan 558 orang. Jamaah haji tertua Tangsel berusia 89 tahun atas nama Sa’anih dari Kecamatan Setu. Berasal dari KBIH Attaqwa. Demikian juga dengan Diman, berusia 85 tahun dari Pondok Jaya KBIH Al-Hidayah. Jamaah Haji termuda umur 19 tahun atas bernama Nurlia Silviana dari Setu.

“Penempatan jamaah haji Tangsel berdasarkan zonasi berada di wilayah Raudhah bersama Provinsi Banten, DKI, Lampung dan Palembang. Adapun jadwal pemberangkatan haji Tangsel tahap pertama yaitu Kloter 15 Jakarta Pondok Gede (JKG) jumlah 385 jamaah haji dan 8 org petugas haji berangkat. Terbang pada  ( 16/7) masuk Asrama jam 8.00 pagi Kembali ke Tanah Air tanggal 27 Agustus jam 22.15 WIB, “ ungkap pria warga Cilenggang, Serpong, ini.

Ketua Kloter 15 JKG adalah Ulik Widiantoro. Sedangkan petugas pembimbing haji H. San Ridwan, Dokter Deis Rabiyatul Fuadah, Nicen Kuswidiyanthi, Reno Setiadi Sukirno dan TPHD Sirojudin, Nurkholis dan Rachmat Hidayat. Sedangkan Kloter 18 JKG jumlah 385 orang jamaah haji dan 8 orang petugas haji berangkat (16 Juli), masuk asrama haji jam 19.00 WIB dan kembali ke Tanah Air (28/8) pukul 20.55 WIB.

“Ketua Kloter adalah Drs Alamin, Pembimbing Haji Hj. Tati Astaryati, Dokter Wanda Wimalasari, Tuti Indayati, Ahmad Sahroni.TPHD Tb. Ahmad Khotib, Eli Sukandi dan Ruslan. Sedangkan Kloter 41 JKG jumlah 124 org jamaah Haji dan 8 org Petugas Haji berangkat tanggal (24/7). Masuk asrama haji pukul 19.00 WIB dan kembali ke Tanah Air (5/9/) pukul 17.50 WIB. Adapun  petugas Haji H. Syamsudin dan Dokter H Abdillah Assegaf,” bebernya.

Sedangkan keberangkatan yang keempat tergabung dalam Kloter 55 JKG Jumlah 128 orang. Jamaah haji berangkat (30/7) dan masuk asrama haji jam 11.00 WIB dan Kembali ke Tanah Air Tanggal 11 September jam 12.50 WIB. Ketua Kloter Edi Suharsongko, Pembimbing Haji H. Imron Mashadi dan Dokter Nurlaela, Heti Verawati, Ago Ikna Alatas dan Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD), Yan Jungjung, Ali Akbar dan H. Darsum

Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengajak untuk selalu bersyukur atas terselenggaranya Bimbingan Manasik Haji tingkat kota Tangsel tahun 1440 H / 2019 M. Dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama kota Tangsel.

Ini sangat bermanfaat bagi calon jamaah haji yaitu untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji yang sesuai dengan syariat Islam serta proses perjalanan haji.

“Kami mengucapkan selamat kepada seluruh jamaah calon haji kota Tangsel yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah haji tahun ini. Kita semua yang mendapat kesempatan ke tanah suci tahun ini sudah sepantasnya bersyukur, karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat, akan tetapi harus tertunda keberangkatannya karena berbagai hal,” ujarnya.

Oleh karenanya, kepada semua agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental. Di samping juga pemahaman tentang tata cara pelaksanaan haji. Dengan demikian para jamaah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna.

“Saya berpesan supaya dapat mengikuti manasik haji ini dengan sungguh-sungguh sehingga nantinya jamaah dari Provinsi Banten khususnya Kota Tangsel dapat menjadi teladan dimata internasional. Selain itu agar senantiasa memiliki kesadaran, tanggungjawab, dan integritas. Sebagai seorang muslim yang mampu memotivasi umat untuk senantiasa berpikir positif, saling mengingatkan, dan menasehati. Serta menghargai perbedaan dan toleransi, serta mengajak ber-amar ma’ruf nahi munkar,” jelasnya. (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!