Airin Lepas Jamaah Haji Tangsel di Balaikota

Diterbitkan  Senin, 08 / 07 / 2019 21:15 - Berita Ini Sudah :  134 Dilihat

 

SERPONG-Jamaah haji di Tangsel yang akan berangkat menuju tanah suci, Mekah, Arab Saudi mengalami peningkatan diban­dingkan tahun lalu. Berharap setiap tahunnya terus bertambah namun memang sudah dibatasi jumlah kuota.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tangsel, Abdul Rojak mengunkapkan, jamaah haji di tahun ini dengan 2018 berbeda. Perbedaannya pada banyaknya jamaah di mana tahun lalu jumlahnya tidak sampai angka seribu, sedangkan tahun ini mencapai seribu jamaah lebih. Dirinya pun sangat senang adanya jumlah jamaah haji Tangsel bertambah.

“Jumlah jamaah haji Tangsel ada 1.023. Ada peningkatan, tahun 2018 jamaah haji Tangsel di bawah seribu angkanya hanya 927,” katanya.

Lanjutnya, keberangkatan jamaah haji di Tangsel akan dilepas Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany di Aula Balaikota, Maruga, Ciputat, Pihaknya pun meminta doa kepada seluruh masyarakat Tangsel agar proses keberangkatan jamaah bisa berjalan lancar serta memperoleh haji mabrur dan dapat kembali dengan selemat bisa berkumpul dengan sanak keluarga.

“Keberangkatan jamaah haji Tangsel kloter pertama yaitu kloter 15, jumlah jamaah hajinya 393 akan berangkat pada Selasa 16 Juli. Dan akan dilepas oleh Walikota Tangsel,” tambah ia.

Setelah pelepasan dari Balaikota Tangsel, para jamaah berangkat menuju ke Asrama Haji Pondok Gede, kemudian dibe­rangkatkan ke Mekah. Dalam prosesi pelepasan nanti diantar oleh keluarga sambil mengiringi doa supaya semua dimudahkan dan dilancarkan.

Kepala Seksie Pelayanan Haji dan Umroh Kemenag Tangsel, Ade Sihabudin menerangkan, jamaah yang akan berangkat ke tanah suci akan terbagi menjadi empat kloter. Semua jamaah telah siap tinggal menunggu keberangkatan saja. pembekalan mulai dari pembinaan tingkat kecamatan atau masing-masing travel sudah dilalui hingga berkali-kali. Sampai puncaknya melakukan manasik haji tingkat Kota Tangsel.

“Semua jamaah asal Tangsel keseluruhan sudah siap tinggal menunggu keberangkatan saja. pembekalan materi, baik prosesi ibadah, tata caranya, rukun sahnya semua sudah dipegang oleh jamaah. Termasuk aturan-aturan yang harus ditaati selama haji, baik tentang aturan di bandara, asrama sampai di pemondokan dan lain-lain,” tambah ia.

Keberangkatan dibagi pada empat kloter. Kloter 15 Jakarta Pondok Gede (JKG), 18, 41 dan 55. Masing-masing kloter sudah ada tim pemandu dan lain-lain. Termasuk dari Pemkot Tangsel menyertakan tim kesehatan daerah untuk memastikan jamaah asal Tangsel selama di sana dalam kondisi baik,

Ade menjelaskan, kuota itu berdasarkan rumus yang sudah ditentukan dengan jumlah penduduk muslim di Tangsel. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!