Buka 12.700 Lowongan Pekerjaan


Job Fair Diikuti 52 Perusahaan

Diterbitkan  Senin, 08 / 07 / 2019 21:21 - Berita Ini Sudah :  176 Dilihat

CIPUTAT-Dinas Ketenaga­kerjaan (Disnaker) Kota Tangsel memastikan job fair tahun ini dibuka sbanyak 12.700 lowongan. Angka itu diperoleh setelah melalui rapat teknis dengan seluruh mitra perusahaan yang akan ikut serta nanti.

Rapat digelar pada Senin (8/7) di Balaikota Tangsel, yang diikuti oleh 52 perusaan dengan total lowongan sebanyak 12.700 di berbagai posisi. Perusahaan-perusahaan ini meliputi rumah sakit, ritel, pabrik dan lain-lain. Jumlah pengangguran dan tingkat pengangguran terbuka (TPT) Agustus 2017-2018  Kota Tangsel pada untuk pengangguran 48, pada tahun berikutnya hal yang sama 37. Adapun untuk TPT pada tahun 2017 sebesar 6,83 persen dan tahun 2018  4,67 persen.

Sekretaris Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel, Yantie Sari menambahkan, partisipasi dari perusahaan yang ikut serta menjadi perhitungan tersendiri. Pasalnya, tidak semua perusahaan yang tahun lalu ikut diikutkan kembali. Karena motif mereka bisa saja berbeda-beda, bukan fokus pada mencari karyawan tapi boleh jadi promosi kepada masyarakat.

“Oleh sebab itu kami sangat selektif saat ini dan ke depannya. Jangan sampai tahun kemarin ikut serta lalu tidak ada laporan jelas, berapa yang diterima sampai mengikuti proses administrasi, seleksi hingga akhir secara final. Kami membutuhkan itu supaya jelas. Namun dari sekian banyak perusahaan karakternya berbeda-beda ada yang aktif komunikatif ada juga yang pasif,” jelasnya.

Disnaker tentu tidak ingin melihat kuantitas perusahaan tapi sebarapa serapan tanaga kerja Tangsel dapat diterima oleh me­reka dan ikut bergabung. Untuk apa banyak perusahaan dengan jumlah puluhan ribu lowongan tapi faktanya yang terserap di luar ekspektasi, tentu ini sangat merisaukan sekali.

“Maka kami sangat berharap para mitra, wajib melaporkan data-data yang masuk. Pola tahun ini, selama tiga hari nanti kami ingin melihat langsung proses dari minimal seleksi pemberkasan supaya dapat diambil gambaran bagaimana mereka menerima para pelamar kerja,” tambah Yantie.

Job Fair dibuka pada Rabu (10/7) ditutup hingga Jumat mendatang. Tiga hari dinilai cukup untuk membuat perusahaan melakukan tahapan. Jangan sampai angkanya puluhan ribu tapi hanya sekadar rutinitas biasa tanpa ada dampak positif atau bahkan minus karena cukup kecil representasi capaian penerimaan lapangan kerja.

“Itu yang kami hindari jangan sampai kesannya rutinitas saja. Terget kami dapat secara maksimal pengurangan pengangguran melalui job fair setiap tahun dapat terkikis,” harapnya.

Kasi Penempatan dan Perluasan dan Kesemapatan KerjaDinas Ketenagakerjaan Kota Tangsel, Neny Sumiaty menjelaskan, dari 52 perusahaan, 80 persen perusahaan-perusahaan baru yang tahun sebelumnya tidak ikut. Tangsel cukup banyak perusahaan, oleh sebab itu diberikan kesempatan untuk ikut terlibat dalam membuka job fair.

“Tentu ada perusahaan-perusahan lama yang selalu ikut seperti Balai Latihan Kerja, PJTKI dan lain-lain. Di samping memang yang mendominasi adalah perusahaan-perusahaan baru turut terlibat,” jelas ia. (din)

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!