Sosialisasi Gerakan Sayang Ibu untuk Kurangi Kematian Ibu dan Anak

Diterbitkan  Kamis, 11 / 07 / 2019 20:47 - Berita Ini Sudah :  226 Dilihat

SOSIALISASI. DPMP3AKB Kota Tangsel menggelar sosialisasi Gerakan Sayang Ibu di Kecamatan Pondok Aren.

PONDOK AREN-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPMP3AKB) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan pembinaan Gerakan Sayang Ibu (GSI) di Kecamatan Pondok Aren, kemarin.

Sosialisasi GSI ini perlu dilakukan untuk mengurangi angka kematian ibu (AKI) karena hamil, bersalin, nifas, dan bayi.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3AKKB Provinsi Banten, Evi Sofia menjelaskan, GSI sendiri merupakan gerakan percepatan penurunan angka kematian ibu dan bayi yang dilaksanakan bersama-sama antara pemerintah dan masyarakat, untuk lebih meningkatkan pengetahuan, kesadaran dan kepedulian dalam upaya interaktif dan sinergis, dimana kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu wujud hak asasi perempuan dan anak. Akan tetapi pada saat ini kesehatan ibu dan anak khususnya bayi baru lahir, merupakan tugas bersama antara pemerintah, masyarakat, organisasi kemasyarakatan, organisasi perempuan dan organisasi profesi

”Saya berharap kita harus konsisten dan aktif dalam sosialisasi GSI ini agar ibu hamil rajin periksa ke posyandu sehingga ibu sehat, bayipun sehat dan angka kematian ibu dan bayi menjadi berkurang” ucapnya.

Kepala Seksi Peningkatan Kualitas Hidup dan Pengembangan Lembaga Perempuan DPMP3AKB Kota Tangsel, Mercy Apriyanti menambahkan, sosialisasi ini dilakukan untuk membantu penurunan angka kematian ibu dan bayi.

“Sosialisasi ini diikuti oleh ibu-ibu perwakilan semua kelurahan yang ada di Pondok Aren, Kepala Puskesmas se-Pondok Aren, dan Ibu-ibu PKK,”ungkapnya.

Dalam kegiatan ini dibahas apa saja yang perlu dilakukan oleh masyarakat untuk membantu dan mencegah adanya kematian ibu dan bayi. “Kami berharap dengan adanya sosialisasi ini di Tangsel tidak ada angka kematian ibu dan kematian bayi,” singkatnya.(irm)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!