Ratusan Warga Lengkong Gudang Padati Pelayanan Keliling Hari Libur


Kepemilikan Akta Kelahiran Tidak Memandang Usia

Diterbitkan  Minggu, 28 / 07 / 2019 20:58 - Berita Ini Sudah :  205 Dilihat

PELAYANAN. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel melakukan pelayanan keliling di Kelurahan Lengkong Gudang, Sabtu (27/7).

SERPONG- Banyak orang berpikir bahwa akta kelahiran hanyalah mencatat status kelahiran anak dalam keluarga. Tapi, mungkin Anda belum tahu jika banyak hal yang tidak dapat berjalan baik tanpa adanya akta kelahiran.

Akta kelahiran adalah dokumen wajib yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia. Dokumen ini adalah tanda bukti sah mengenai status dan peristiwa kelahiran seseorang yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Sehingga kepemilikannya tidak mengenal usia, semua orang wajib memiliki akta kelahiran.

Untuk itu, ratusan warga Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong, berbondong-bondong datang ke kantor kelurahan pada Sabtu (27/7) untuk membuat akta kelahiran yang diselenggarakan Disdukcapil Kota Tangsel.

Kepala Seksi Kelahiran pada Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil Disdukcapil Tangsel, Indana Dalianti mengatakan, pentingnya kepemilikan akta kelahiran, dikarenakan bayi atau anak yang dilaporkan kelahirannya akan terdaftar dalam Kartu keluarga (KK) dan diberikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sebagai dasar untuk memperoleh pelayanan masyarakat lainnya.

“Selain sebagai identitas diri anak, akta kelahiran juga berfungsi untuk pengurusan administrasi kependudukan. Seperti KTP (Kartu Tanda Penduduk), KK, keperluan data pendidikan, dan pendaftaran pernikahan di KUA (Kantor Urusan Agama),”ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, akta kelahiran juga dibutuhkan saat persyaratan pembuatan paspor, mengurus hak ahli waris, asuransi, tunjangan keluarga, hak dana pensiun, bahkan untuk melaksanakan ibadah haji.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat, khususnya warga Kota Tangsel  untuk mengurus akta kelahiran buah hatinya sesegera mungkin. Karena ini sangat penting untuk anak anda,” pungkasnya.

Dalam pelayanan keliling akta kelahiran di Kelurahan  Lengkong Gudang, Serpong ini, tercetak sebanyak 313 akta kelahiran dan KIA usia di bawah lima tahun sebanyak 35 keping. “Dari 313 akta kelahiran ini mayoritas usia dewasa,”singkatnya.

Sementara itu, Amelia (40) warga Lengkong Gudang mengucapkan terima kasih dengan adanya pelayanan keliling ini. “Alhamdulillah, saya sangat terbantu, kebetulan saya mau mengurus passport untuk umroh, adanya pelayanan ini sangat membantu saya,”singkatnya.(irm)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!