KPU Tunggu Putusan Sidang MK


10 Agustus Punya DPRD Baru

Diterbitkan  Senin, 29 / 07 / 2019 19:11 - Berita Ini Sudah :  199 Dilihat

 

SERPONG- Sidang sengketa Pemilihan Legislatif (Pileg) di Mahkamah Konsititusi (MK) berlangsung. Hasilnya tinggal menghitung hari. MK akan memutuskan seluruh perkara sengketa mulai 6 sampai 9 Agustus.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan pun masih sabar menunggu. Untuk melakukan pleno penetapan Caleg terpilih DPRD Kota Tangsel, pihaknya menunggu MK.

KPU memperkirakan pleno tersebut bisa digelar sekira 10 Agusutus. Itu pun jika nantinya rekomendasi dari MK tidak ada perubahan terhadap Caleg terpilih. Artinya kalau lancar, Tangsel akan punya DPRD komposisi baru. DPRD periode 2019-2024.

Anggota KPU Kota Tangsel Achmad Mudjahid Zein, mengatakan terkait pengumumkan keputusan MK pada 6 sampai 9 Agustus tersebut. Untuk Kota Tangsel juga belum diketahui akan diumumkan pada tanggal berapa.

“Karena banyak daerah yang disidangkan, jadinya MK memberi jadwal pengumuman keputusan itu 6 sampai 9 Agustus. Dan untuk Tangsel kita belum tahu tanggal berapa akan diumumkannya. Sehingga, kami memprediksi antara 10 sampai 11 Agustus itu kita bisa masuk pada tahapan pleno penetapan Caleg terpilih,” ujarnya.

Alumnus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini mengatakan, pleno penetapan Caleg terpilih itu juga bisa saja berubah. Atau lebih lama dari yang diperkirakan. Hal itu nanti tergantung seperti apa keputusan dari MK.

“Itu kan jadwal hanya perkiraan saja, tetapi bisa lebih lama atau mungkin lebih cepat. Karena itu nanti bisa berubah tergantung seperti apa keputusan MK, sementara saat ini kita sama sekali belum tahu apa keputusan MK,” ungkapnya.

Mudjahid juga mengatakan, dari pleno penetapan Caleg terpilih butuh waktu beberapa hari lagi. Hingga akhrinya bisa dilanjutkan kepada pelantikan DPRD terpilih.

Sementara itu saat ditanya mengenai situasi DPRD sambil menunggu keputusan MK. Dikarenakan akan memperlambat jadwal pelantikan dari jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya, Ketua DPRD Kota Tangsel Moch Ramlie, mengatakan, selama menunggu pelantikan tersebut DPRD tetap berjalan. DPRD periode sebelumnya yang akan tetap bekerja.

“Kita kan bekerja sampai ada pelantikan yang baru, jadi selama menunggu pelantikan DPRD periode 2019-2024, maka kita yang periode saat ini akan terus bekerja untuk rakyat,” ujar pria yang pernah tersohor dengan sapaan Lurah Abie ini.

Ramlie menduga bisa saja pelantikan dilakukan pada pertengahan Agustus. Mengingat dari pleno penetapan Caleg terpilih sampai keluarnya SK Gubernur, pelantikan itu juga membutuhkan waktu lama. (dra)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!