Diklaim Unggul se-Asia Tenggara Dilengkapi Peralatan Canggih


Ciputat Punya Klinik Bayi Tabung

Diterbitkan  Rabu, 31 / 07 / 2019 18:56 - Berita Ini Sudah :  191 Dilihat

 

CIPUTAT- Terbilang masih sedikit di Indonesia. Namun penyedia bayi tabung sudah hadir di Ciputat, Kota Tangerang Selatan. Tepatnya, dengan dibukanya secara resmi Klinik Bayi Tabung Morula IVF Ciputat, kemarin.

Di Tangsel, penyedia bayi tabung ini jadi yang kedua. Setelah sebelumnya pada 18 Januari 2018 silam dibuka di RS Omni, Alam Sutera, Serpong Utara.

Klinik bayi tabung Morula IVF Ciputat ini beroperasi Jalan RE Martadinata Ciputat. Bersamaan Laboratorium Diagnos. Bagi pasangan yang sulit memiliki keturunan bisa datang ke tempat ini. Kisaran harganya, antara Rp 50-90 juta. Tergantung tingkat kesulitan ditangani.

Direktur Bundamedik, dr. Ivan Rizal Sini mengungkapkan, Morula IVF tersebar di kota-kota besar. Jumlahnya mencapai 10 titik di Indonesia. Seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Margonda, Yogyakarta, Pontianak, Tangerang dan Ciputat. Morula IVF disebut terbesar di Asia Tenggara. Bahkan lebih unggul dari negara tetangga seperti Malaysia.

“Kami lebih unggul bahkan se-Asia Tenggara. Secara alat kami juga lebih canggih karena mampu mendeteksi kondisi janin, kelamin bayi dan lain-lain cukup dengan tes darah bagi ibu yang mengandung. Adapun tingkat keberhasilan bayi tabung biasanya pasangan yang baru menikah dua atau tiga tahun tidak memiliki anak atau usia di bawah tiga puluh lima tahun. Semakin tinggi usia misalnya mencapai 40 tahun, maka tingkat kesubutnya juga menurun,” katanya didampingi Yudianto selaku Managing Direktur Bundamedika.

Bayi tabung masih dianggap program orang-orang kaya saja. Sementara persoalan sulit memiliki anak tak terpaku pada orang kaya, tapi masyarakat berpenghasilan rendah atau menengah ke bawah pun mengalami hal sama. Oleh sebab itu, di Morula IVF memberikan varian tarif yang sangat beragam. Untuk pogram komprehensif mencapai Rp 90 juta. Sedangkan minimalnya Rp 40 juta lebih.

“Artinya di sini ada cara-cara lain oleh dokter yang menangani apabila masyarakat datang tidak harus melalui bayi tabung, karena akan konsultasi lebih dahulu dengan dokter apa yang harus ditindak lanjuti,” katanya.

Dalam peresmian Diagnos Laboratoriun dan Morula IVF Ciputat, Dinas Kesehatan Kota Tangsel  Adipurnama hadir. Juga, para dokter serta tamu undangan lain dari mitra rumah sakit di Tangsel. Utamanya para pejabat  Bundamedik Healthcare System (BMHS) sebagai holding dari Diagnos dan Morula.

Morula IVF Indonesia merupakan bagian dari BMHS yang fokus dalam pengembangan klinik fertilitas ”Morula IVF” di Indonesia. Dalam pengembangan BMHS, pada tahun 1997 mendirikan Klinik Fertilitas Morula yang saat ini telah berganti nama menjadi Morula IVF Jakarta, telah menjadi salah satu klinik fertilitas terbesar di Indonesia dengan peningkatan pasien yang mengikuti program.

“Bayi Tabung semakin bertambah setiap tahunnya dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 20% lebih pertahun,” tambah dr Ivan Rizal.

Klinik Morula IVF Indonesia saat ini telah melahirkan 4.100 bayi dari program bayi tabung. Di tahun 2018 lalu, terdapat 4.375 pasangan yang mengikuti program bayi tabung. Jumlah ini berkontribusi 40 persen dari seluruh layanan klinik bayi tabung di seluruh Indonesia.

Maka untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan dan keberhasilan program kehamilan berbantu, Morula IVF Jakarta mengadopsi Reproductive Technology Accreditatio Committee (RTAC) Code of Practice. Itu telah menjadi standar di Indonesia yang akan diterapkan juga di cabang-cabang Morula IVF Indonesia.

Lebih lanjut, menyadari tingginya kebutuhan pelayanan program fertilitas terstandar baik dan menghasilkan outcome baik, maka BMHS berkomitmen untuk terus mengembangkan klinik-klinik fertilitas Morula IVF di Indonesia. Di bawah payung ”Morula IVF Indonesia”

“Klinik Morula IVF fokus dalam membantu pasangan yang mendambakan buah hati. Dengan produk-produk layanan berupa program-program fertilitas yang sesuai dan berdasarkan indikasi yang tepat bagi calon orang tua dengan standarisasi yang ketat dipantau oleh Morula IVF Indonesia,” katanya.

dr Ivander R Utama, dokter spesialis yang menangani program bayi tabung menyampaikan, kisaran harga sangat tergantung dari kondisi pasien. Semakin usia produktif, semakin mudah tingkat keberhasilannya. Meski akurasi keberhasilan mencapai 97 persen berhasil. Namun lagi-lagi jika terlalu lama ingin memiliki anak, tapi ditunda-tunda akhirnya baru berusia 39-40 tahun baru konsultasi tentu apa yang harus dikeluarkan lebih banyak.

“Membutuhkan waktu dua minggu dari mulai start sampai kita memasukan embrio. Dan dua minggu setelahnya menunggu sampai berhasil. Angka keberhasilan berbanding lurus dengan usia,” ujarnya.

Sementara terkait Diagnos laboratorium klinik, dr Ivan menjelaskan kembali, ini bagian dari BMHS. Didirikan  untuk menjawab kebutuhan masyarakat atas laboratorium klinik berkualitas tinggi, dapat dipercaya, diandalkan, dan konsisten. Diagnos, tentunya untuk mendukung layanan program bayi tabung.

“Sumber Daya Manusia Diagnos didukung oleh Dokter Spesialis dan Konsultan yang kompeten, Ahli Tekhnologi Laboratorium Medik (ATLM) yang handal, termasuk tenaga genetika molekuler yang profesional di bidangnya, sehingga akurasi dan kualitas hasil pemeriksaan yang baik dapat terpenuhi,” katanya.

Laboratorium klinik Diagnos Ciputat adalah laboratorium klinik mandiri pertama  setelah sebelumnya ada dan melengkapi pelayanan di rumah sakit Bunda, seperti  RSIA Bunda Jakarta dan RSU Bunda Margonda. Dalam waktu dekat akan kembali membuka laboratorium klinik mandiri di Denpasar, Makasar dan Padang.

“Jenis layanan yang kami berikan di laboratorium Diagnos ,Laboratorium Patologi Klinik, Laboratorium Patologi Anatomi Laboratorium Genetik , atau dikenal dengan nama DIAGNOS GENOMICS yang merupakan produk unggulan dari kami,” terang dr Ivan Rizal.

Diagnos Genomics adalah laboratorium yang melakukan pemeriksaan genetik seseorang untuk mengidentifikasi kelainan genetik. Diagnos Genomics menggunakan teknologi Next Generation Sequencing (NGS) yang merupakan teknologi terbaru di dunia dalam bidang molekuler diagnostik. Pada tahap awal Diagnos Genomics menyediakan layanan pemeriksaan Genetic bidang kesehatan reproduksi berupa Non Invasive Prenatal Testing (NIPT) dan Preimplantation Genetic Screening (PGS). (din)

 

Komentar Anda

comments


Subscribe to our RSS Feed! Follow us on Facebook! Follow us on Twitter! Visit our LinkedIn Profile!